ALIXANDRIANI MAGHFIROH, 126208211005 and NANI SUNARMI, 199103222019032017 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI MA MA'ARIF NU BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keaktifan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di MA Ma’arif NU Blitar” ini ditulis oleh Alixandriani Maghfiroh, NIM. 126208211005, program studi Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si, M. Sc. Kata Kunci: Problem Based Learning, Keaktifan Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis Dalam proses pembelajaran penggunaan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan saat ini masih belum begitu efektif untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa di kelas, karena masih menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan teacher center. Dengan begitu siswa menjadi kurang memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan penalaran kritis analisisnya, sehingga kesempatan untuk memperbaiki keterampilan berpikir mereka masih terbatas. Siswa juga menjadi kurang aktif dalam pembelajaran karena pembelajaran yang pasif dan kurang variatif. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keberhasil belajar siswa. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, seperti model Problem based learning. Model pembelajaran tersebut dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kekatifan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1)Mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap keaktifan siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MA Ma’arif NU Blitar dan 2)Mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MA Ma’arif NU Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental atau eksperimen semu dan desain non-equivalent groug design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 167 siswa dengan sampel berjumlah 62 siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Teknik pengumpulan sampling pada penelitian ini adalah purpove sampling dengan kelas X-F berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi keaktifan siswa. Teknik analisis yang digunakan ada 3 uji, yaitu uji intrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (Uji Mann Whitney dan Uji Independent sample t test). Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa : (1) ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, ditunjukkan dengan nilai Mann whitney U sebesar 278.500 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,004 yang mana nilai tersebut < 0,05 (2) Ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap keaktifan siswa, ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana nilai tersebut < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208211005 ALIXANDRIANI MAGHFIROH |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 02:49 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |