ARUM WULAN DARI, 126407212036 and RETNO DEWI ZULAIKAH, 199212032025212015 (2025) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN HAJI DAN UMRAHDALAM MENINGKATKAN KEPUASAN JAMAAH DI PT. ARROBBANI BERKAH ILAHI KOTA SURABAYA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Haji dan Umrah PT. Arrobbani Berkah Ilahi Kota Surabaya” ini ditulis oleh Arum Wulan Dari, NIM. 126407212036, Jurusan Pariwisata Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Retno Dewi Zulaikah, S.H.I, M.E. Kata Kunci: Strategi peningkatan kualitas pelayanan, Haji dan Umrah, PT. Arrobbani Berkah Ilahi, Analisis SWOT Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan bisnis travel haji dan umrah yang semakin meningkat menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat pula. Sehingga sebagai penyelenggara dituntut untuk menerapkan strategi peningkatan kualitas pelayanan yang tepat dimana pelayanan sangatlah diperlukan dalam upaya meningkatkan jumlah serta menjaga loyalitas jamaah. Seperti yang dilakukan oleh PT. Arrobbani Berkah Ilahi strategi yang digunakan yakni strategi pelayanan serta analisis SWOT. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana strategi PT. Arrobbani Berkah Ilahi Kota Surabaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji dan umrah (2) Apa kekuatan dan peluang yang ada di PT. Arrobbani Berkah Ilahi (3) Apa kelemahan dan ancaman yang di hadapi PT. Arrobbani Berkah Ilahi Kota Surabaya (4) Bagaimana hasil analisis SWOT yang dapat diterapkan dalam strategi peningkatan kualitas pelayanan haji dan umrah PT. Arrobbani Berkah Ilahi Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengesahan data yaitu menggunakan tringulasi teknik, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) PT. Arrobbani Berkah Ilahi berhasil meningkatkan layanan haji dan umrah melalui fasilitas yang memadai, ketepatan jadwal, pendampingan profesional, layanan khusus bagi lansia, dan pemanfaatan teknologi digital. Evaluasi rutin dan pendekatan kekeluargaan pasca ibadah turut memperkuat kepercayaan dan loyalitas jamaah. (2) PT. Arrobbani Berkah Ilahi memiliki kekuatan berupa izin resmi, pengalaman sejak tahun 2017, dan pelayanan berkualitas. Peluang tersedia lewat pengembangan wisata halal, kemitraan strategis, dan teknologi digital. Namun, perusahaan menghadapi tantangan kebijakan pemerintah dan biaya operasional tinggi. (3) Kelemahan yang dihadapi perusahaan adalah biaya operasional tinggi, dan ancamanya adalah persaingan antar bisnis serta ketidakpastian global. (4) PT. Arrobbani Berkah Ilahi menerapkan strategi SO dengan memanfaatkan kekuatan untuk menangkap peluang melalui promosi testimoni jamaah di media sosial, pengembangan layanan haji, umrah, dan wisata halal yang variatif, serta peningkatan kualitas pelayanan guna menjaga loyalitas jamaah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Layanan Publik Pariwisata Pariwisata > Wisata Religi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
Depositing User: | 126407212036 ARUM WULAN DARI |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 06:38 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 06:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |