INTEGRASI NILAI ANTI BULLYING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 2 BLITAR

KOMANDO IMAM MULGHOZALI, 126201211040 and KHUSNUL MUFIDATI, 198908232023212042 (2025) INTEGRASI NILAI ANTI BULLYING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (979kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Integrasi Nilai Anti Bullying Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Komando Imam Mulghoza;i, NIM. 126201211040, dengan pembimbing Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy., M.Pd.I Kata Kunci: Integrasi, Nilai Anti Bullying, Pembelajaran Akidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan yang seharusnya menjadi wadah untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang positif kepada peserta didik, namun kenyataannya masih banyak kasus bullying yang terjadi di lingkungan sekolah, termasuk di MTsN 2 Blitar. Bullying ini menunjukkan adanya krisis moral dan kegagalan pendidikan karakter yang perlu segera diatasi. Karena bullying dapat berdampak buruk secara psikologis dan sosial bagi korban, maka pendidikan harus lebih aktif dalam mencegah dan menangani perilaku tersebut. Salah satu upaya yang dianggap efektif adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai anti bullying ke dalam pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak yang berfokus pada pembentukan akhlak dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Untuk mengetahui integrasi nilai anti bullying di MTsN 2 Blitar. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan integrasi nilai anti bullying dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Blitar. 3) Untuk mengetahui implikasi integrasi nilai anti-bullying dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) wawancara; dan (3) dokumentasi; Untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yakni: 1) kondensası data, 2) menyajıkan data dan 3) menarik simpulan atau verifikası. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan: 1) perpanjang keikutsertaan, 2) meningkatkan ketekunan, 3) triangulasi, dan 4) pembahasan sejawat. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa:1) Intregrasi nilai anti bullying dalam pembelajaran akidah akhlak: Integrasi ini diwujudkan melalui penyisipan nilai moral ke dalam kurikulum, pemilihan metode pembelajaran interaktif dan kontekstual, serta peran aktif guru sebagai teladan dan pembimbing. 2) Pelaksanaan integrasi nilai anti-bullying dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Blitar telah berjalan secara terstruktur dan efektif. Terbukti efektif dan menyeluruh, di mana guru membimbing karakter siswa sehingga mereka tidak hanya memahami konsep anti-bullying secara teoritis, tetapi juga menginternalisasikannya dalam kehidupan nyata. 3) Implikasi Integrasi nilai anti-bullying dalam pembelajaran Akidah integrasi ini mencakup suasana madrasah yang lebih kondusif, peningkatan sikap saling menghormati, partisipasi aktif siswa dalam mencegah bullying, kelancaran pembelajaran, peningkatan prestasi, terbentuknya budaya madrasah bebas bullying, dan hubungan yang lebih harmonis antara siswa dan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211040 KOMANDO IMAM MULGHOZALI
Date Deposited: 15 Oct 2025 01:26
Last Modified: 15 Oct 2025 01:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63094

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item