IMAM ROFI’I, 2811133106 (2017) Efektivitas Kegiatan di IPNU – IPPNU dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (529kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (267kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (239kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (154kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektifitas Kegiatan di IPNU-IPPNU dalam meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Imam Rofi’i dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci : Efektifitas, IPNU – IPPNU, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa organisasi IPNU-IPPNU dapat membantu belajar siswa dalam aktivitas dan kegiatan nya sehari-hari. Dalam hal ini peneliti mengungkapkan masalah kegiatan IPNU-IPPNU dalam meningkatkan hasil belajar siswa diMadrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung. Fokus Penelitian dalam skripsi adalah 1) Bagaimana efektivitas kegiatan IPNU-IPPNU di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir dalam meningkatkan hasil belajar Kognitif ? 2) Bagaimana efektivitas kegiatan di IPNU-IPPNU di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir dalam meningkatkan hasil belajar Psikomotorik? 3) Bagaimana efektivitas kegiatan IPNU-IPPNU di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir dalam meningkatkan hasil belajar Afektif ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui efektifitas kegiatan IPNU-IPPNU di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir dalam meningkatkan hasil belajar Kognitif 2) Untuk mengetahui efektifitas kegiatan IPNU-IPPNU di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir dalam meningkatkan hasil belajar Psikomotorik 3) Untuk mengetahui efektifitas kegiatan IPNU-IPPNU di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir dalam meningkatkan hasil belajar Afektif. Metode penelitian: Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, 1) dalam Efektifitas Kegiatan IPNU-IPPNU di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung dalam meningkatkan hasil belajar Kognitif mempunyai beberapa kegiatan yang signifikan dan intensif berpengaruh, meliputi : Kebiasaan diskusi, Sharing, Study Banding, seminar Pendalaman Muatan Lokal Materi ke NU-an dan ASWAJA/ Problematika pelajar. Dan hasil observasi mengatakan bahwa Siswa yang mengikuti IPNU-IPPNU Nilai Rata-rata menengah, Namun bukan berarti mereka tidak mampu, hanya hendaknya mereka harus lebih gigih dalam belajar dan peningkatan prestasi. 2) dalam Efektifitas Kegiatan IPNU-IPPNU di Madrasah Aliyah Al - Muslihun Kalidawir Tulungagung dalam meningkatkan hasil belajar Psikomotorik, di tunjukkan beberapa ketrampilan dan bakat yang diasah antara lain sebagai berikut : Sholawatan, MC/Protokol event, Penceramah jama’ah tahlil, ketrampilan presentasi dan komunikasi dan Menanamkan Jiwa Wirausahawan (Enterpreneur) sehingga siswa termotivasi untuk berkarya dan seterusnya. 3) dalam Efektifitas Kegiatan IPNU-IPPNU di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung dalam meningkatkan hasil belajar Afektif, ditunjukkan beberapa hasil sebagai berikut: Terbiasa Sopan Santun, meningkatnya Toleran, Simpati dan Tenggang Rasa yang terjaga antar teman/anggota.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133106 IMAM ROFI’I |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 07:41 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 07:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6316 |
Actions (login required)
View Item |