Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Sumbergepol Tulungagung Tahun 2013/2014

Kurniatin, Binti (2014) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Sumbergepol Tulungagung Tahun 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 2 3 4 5.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (64kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter Religius. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pendidikan karakter religius peserta didik yang menjadi faktor penyebab kegagalan pendidikan agama Islam selama ini karena peserta didik banyak yang kurang atau masih rendah karakter religiusnya sehingga perlu diterapkannya pendidikan karakter religius kepada peserta didik, maka dari itu tugas guru pendidikan agama Islam di sekolah adalah membina dan mendidik siswanya melalui pendidikan agama Islam yang dapat membina karakter religius siswa dan mempraktekannya dalam kehidupa sehari-hari. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana metode yang diterapkan dalam hal pembentukan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung? (3) Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Negeri 1Sumbergempol Tuungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan Pelaksaan, Metode guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung dan faktor dan menghambat dan mendukung dalam pembentukan karakter religius tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Observasi Partisipan, Interview dan Dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung, sedangkan metode interview dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang metode dan faktor penghambat serta pendukung pembentukan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung, saran dan prasarana serta dokumen sekolah. Hasil peneliti menunjukkan bahwa pelaksanaan guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius yaitu dengan membuat silabus dan RPP, menerapkan pembiasaan 5S. Metode yang digunakan guru pendidikan agama Islam yaitu ceramah yang mengaitkan dengan materi yang akan diajarkan, mengaitkan dengan kebiasaan sekolah, seperti: infaq, shalat dhuhur berjama’ah, pelaksaan PHBI dan pemberian tugas. Faktor yang mendukung upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius yaitu kebiasaan dalam keseharian berperilaku dalam sekolah, kesadaran siswa yang tumbuh dari diri siswa untuk selalu melakukan perbuatan yang terpuji dalam kehidupannya, adanya kebersamaan dala diri masing-masing guru dalam pembentukan karakter religius siswa, motivasi dan dukungan orang tua serta dukungan positif dari lingkungan. Sedangkan faktor penghambatya yaitu lingkungan masyarakat (pergaulan) Pergaulan dari siswa diluar sekolah, kurangnya sarana dan prasaranya guna menunjang keberhasilan strategi guru agama Islam dalam pembentukan karakter religius pada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Jan 2015 02:58
Last Modified: 06 Jan 2015 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item