ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN NEA (NEWMAN ERROR ANALYSIS) DAN UPAYA MENGATASINYA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII DI SMPN 4 TULUNGAGUNG

LAODRY ANDRI ASTIKA, 126204212151 and MARYONO, 198103302005011007 (2025) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN NEA (NEWMAN ERROR ANALYSIS) DAN UPAYA MENGATASINYA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII DI SMPN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Menggunakan NEA (Newman Error Analysis) Dan Upaya Mengatasinya Pada Materi Pecahan Kelas VII Di SMPN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Laodry Andri Astika, NIM. 126204212151, dengan pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Analisis Kesulitan, Newman Error Analysis (NEA), Soal Cerita, Pecahan. Pecahan merupakan salah satu materi dalam pembelajaran matematika yang kerap dianggap sulit oleh siswa, sehingga seringkali menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita dan berdampak pada rendahnya hasil belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dilakukan analisis kesulitan guna mengidentifikasi faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut, salah satunya dengan menggunakan Newman Error Analysis (NEA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan yang dilakukan siswa berdasarkan tahapan NEA, serta mencari faktor penyebab terjadinya kesulitan tersebut dan upaya mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode studi kasus, yaitu pendekatan yang dilakukan secara mendalam dan menyeluruh terhadap suatu objek atau fenomena tertentu. Pendekatan ini bertujuan untuk memahami secara detail kondisi dan konteks yang terjadi di lapangan, sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai permasalahan yang diteliti. Dengan hasil berupa pemaparan kesulitan yang dilakukan siswa kelas VII-B di SMPN 4 Tulungagung dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan materi pecahan. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa jenis kesulitan yang sering dialami siswa adalah kesulitan dalam transformasi dan kesulitan dalam proses. Disusul oleh kesulitan memahami soal dan menuliskan jawaban yang disebabkan oleh kesulitan tahap sebelumnya. Dalam penelitian ini tidak ada siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca. upaya yang dilakukan untuk mengatasinya seperti pengulangan materi pecahan dengan media pembelajaran yang berbeda, serta pemberian motivasi kepada siswa Faktor penyebab dari kesulitan-kesulitan tersebut antara lain karena siswa kurang memahami konsep pecahan, tidak mampu menyelesaikan soal cerita, mengalami kesulitan akibat kekeliruan pada langkah sebelumnya, tidak mengetahui rumus atau langkah yang harus digunakan, serta kurang teliti dalam menghitung dan menuliskan informasi maupun jawaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212151 LAODRY ANDRI ASTIKA
Date Deposited: 20 Oct 2025 08:32
Last Modified: 20 Oct 2025 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63371

Actions (login required)

View Item View Item