SITI SUHAILLAH, 126206211023 and NURUL HIDAYAH, 197305072000032001 (2025) PENGARUH PERMAINAN “UTAMI” ULAR TANGGA ISLAMI TERHADAP PERILAKU MORAL ANAK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK AL-HIDAYAH RINGINANOM 01. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Permainan “UTAMI” Ular Tangga Islami Terhadap Perilaku Moral Anak Pada Anak Usia 4-5 Tahun TK Al-Hidayah Ringinanom 01” ini ditulis oleh Siti Suhaillah, NIM. 126206211023, dengan pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Permainan Ular Tangga Islami, Perilaku Moral, Anak Usia 4-5 Tahun. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa banyak anak usia dini yang belum mencapai indikator perkembangan moral secara optimal, seperti masih bersikap egois, kurang sopan, dan belum mampu menunjukkan sikap tolong-menolong. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan edukatif melalui media permainan, salah satunya adalah permainan “UTAMI” Ular Tangga Islami, yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga memuat nilai-nilai moral Islami yang dapat memperkuat pembentukan karakter anak sejak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan “UTAMI” Ular Tangga Islami terhadap perilaku moral anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah Ringinanom 01. Permainan “UTAMI” dirancang sebagai permainan edukatif yang mengintegrasikan nilai-nilai moral Islami ke dalam setiap petak permainan, sehingga anak tidak hanya bermain, tetapi juga belajar menerapkan nilai-nilai akhlak mulia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen tipe non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah Ringinanom 01 yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi perilaku moral yang disusun berdasarkan indikator perkembangan moral anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji t (independent sample t-test) dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan permainan “UTAMI” dengan kelompok kontrol. Nilai signifikansi pada uji t menunjukkan hasil < 0,05 yang berarti Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan “UTAMI” berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan perilaku moral anak usia 4–5 tahun. Permainan ini terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan dalam menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Pendidikan > PAUD Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206211023 SITI SUHAILLAH |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 06:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |