STRATEGI ADAPTASI NOVEL SANG PENCERAH MENJADI CERPEN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI SMK KELAS XI

SHAREN FADHILLAH SALMA, 126210211040 and SITI ZUMROTUL MAULIDA, 196308172014112003 (2025) STRATEGI ADAPTASI NOVEL SANG PENCERAH MENJADI CERPEN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI SMK KELAS XI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (586kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (563kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Strategi Adaptasi Novel Sang Pencerah Menjadi Cerpen Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Cerpen di SMK Kelas XI ” ini ditulis oleh Sharen Fadhillah Salma, NIM 126210211040,pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci : Adaptasi Sastra, Bahan Ajar Cerpen, Cerpen, Novel. Pengubahan novel ke dalam bentuk cerpen dilakukan sebagai upaya menyesuaikan materi bacaan dengan karakteristik peserta didik yang membutuhkan teks yang ringkas, padat, dan mudah dipahami, namun tetap mampu mempertahankan nilai-nilai penting yang terkandung di dalamnya. Novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dipilih sebagai bahan adaptasi karena memuat nilai-nilai perjuangan, pendidikan, dan pembaruan Islam yang relevan dengan pembelajaran karakter dan apresiasi sastra di sekolah. Dari novel tersebut, diadaptasi sebuah cerpen berjudul Meluruskan ‘Arah Kiblat’ hingga Surau Miliknya Dibongkar Paksa karya Nunik Wahyuni. Meskipun bentuk cerpen jauh lebih pendek dibanding novel, proses adaptasi ini tetap mengutamakan pelestarian pesan-pesan utama, seperti semangat pembaruan, keteguhan iman, dan nilai perjuangan sosial, sehingga siswa tetap dapat mengambil hikmah dari cerita yang disederhanakan. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pengalihan bentuk dari novel menjadi cerpen sebagai pendekatan kreatif dalam merancang bahan ajar sastra yang menarik, efektif, dan sesuai dengan capaian Kurikulum Merdeka. Teori yang digunakan adalah teori adaptasi Linda Seger, yang meliputi tiga strategi utama: reduksi, transisi, dan konversi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi terhadap teks novel Sang Pencerah dan cerpen hasil adaptasinya. Sumber data primer adalah novel karya Akmal Nasery Basral, sedangkan data sekunder berupa cerpen adaptasi karya Nunik Wahyuni serta literatur pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses adaptasi melibatkan 3 temuan reduksi, 4 temuan transisi, dan 4 temuan konversi. Reduksi mencakup penghilangan tokoh minor dan latar yang tidak mendukung inti cerita. Transisi terlihat pada perubahan gaya narasi dan struktur penceritaan. Sementara itu, konversi terjadi melalui pengubahan bentuk naratif, misalnya deskripsi panjang menjadi dialog singkat. Proses adaptasi ini menghasilkan cerpen yang komunikatif, inspiratif, dan efektif digunakan sebagai bahan ajar menulis cerpen di SMK. Cerpen hasil adaptasi terbukti mampu membantu siswa memahami struktur cerpen, mengembangkan ide kreatif, serta menginternalisasi nilai-nilai kehidupan meski disajikan dalam bentuk yang lebih ringkas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Cerpen
Bahasa Dan Sastra > Novel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210211040 SHAREN FADHILLAH SALMA
Date Deposited: 24 Oct 2025 06:32
Last Modified: 24 Oct 2025 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63506

Actions (login required)

View Item View Item