PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI CERITA FIKSI DI MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

KARTIKA HIMMATU ‘ADILA, 1880505230006 and MARYONO, 198103302005011007 and MUSRIKAH, 197909102006042001 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI CERITA FIKSI DI MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Canva untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Kartika Himmatu ‘Adila, NIM. 1880505230006, dengan pembimbing Dr. Maryono, M.Pd dan Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Canva, Minat Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat dan hasil belajar siswa pada materi cerita fiksi. Siswa merasa bosan dan jenuh ketika pembelajaran berlangsung, karena masih menggunakan metode ceramah yang medianya masih berbasis buku saja, serta kurangnya interaktif siswa pada media yang digunakan. Permasalahan tersebut juga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Maka dari itu perlu adanya media pembelajaran interaktif berbasis canva yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) Desain media pembelajaran interaktif berbasis canva untuk meningkatkan minat belajar siswa; (2) Proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis canva untuk meningkatkan minat belajar siswa; (3) Kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran interaktif berbasis canva untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan menggunakan model Borg and Gall yaitu metode penelitian yang berfokus pada terciptanya produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan draft produk, uji validasi, uji coba awal, uji coba kelompok kecil, revisi hasil uji coba kecil, uji coba kelompok besar, dan revisi hasil uji coba kelompok besar. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Produk media pembelajaran interaktif berbasis canva didesain dengan sesederhana mungkin yang terdiri dari sampul yang bertuliskan judul materi dan tampilan yang bergambar daun dan ranting menyesuaikan materi yang akan disampaikan pada halaman materi, home, petunjuk, materi, cerita pendek, dan soal. (2) Proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis canva meliputi sembilan langkah agar produk yang dikembangkan dapat menjadi produk yang sempurna. Uji coba kelompok kecil terdiri dari 11 reponden dan kelompok besar 32 responden. (3) Kevalidan data dari ahli media mendapat 85,55%, kelayakan materi 92,12%, dan kelayakan soal 91,66%. Kepraktisan media memperoleh hasil 89%, sedangkan keefektifan mendapat 86%. Hasil dari uji Independent T-test menunjukkan sig (2-tailed) 0,00<0,05 yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar. Media pembelajaran interaktif berbasis canva pada mata pelajaran Bahasa Indonesia memang layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505230006 KARTIKA HIMMATU 'ADILA
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:25
Last Modified: 29 Oct 2025 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63606

Actions (login required)

View Item View Item