PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs AL-HUDA BANDUNG

SELVI AGUSTIN, 126209211038 and AGUS EKO SUJIANTO, 197108072005011003 (2025) PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs AL-HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Al-Huda Bandung” ini ditulis oleh Selvi Agustin, NIM. 126209211038, Pembimbing Prof. Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M., NIP. 197108072005011003. Kata Kunci: Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Hasil Belajar, Aspek kognitif, Afektif, Psikomotorik, IPS. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Al-Huda Bandung, khususnya pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Proses pembelajaran yang masih didominasi oleh metode konvensional menyebabkan siswa kurang aktif dan tidak dilibatkan secara optimal dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dipandang mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara menyeluruh dengan memberikan pengalaman belajar yang aktif, eksploratif, dan bermakna. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh discovery learning berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan aspek kognitif? (2) Bagaimana pengaruh discovery learning berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan aspek afektif? (3) Bagaimana pengaruh discovery learning berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan aspek psikomotorik?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menguji dan menjelaskan pengaruh discovery learning berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan aspek kognitif. (2) Untuk menguji dan menjelaskan pengaruh discovery learning berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan aspek afektif. (3) Untuk menguji dan menjelaskan pengaruh discovery learning berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap oleh kemampuan aspek psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 60 responden. Instrumen pengumpulan data berupa angket skala Likert untuk mengukur aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi R2, dan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 26.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa discovery learning berbantuan LKPD berpengaruh signifikan terhadap semua aspek hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari analisis datanya yaitu: (1) Pada aspek kognitif, diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan t-hitung sebesar 3,672 > t-tabel 2,002, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,189 yang menunjukkan pengaruh sebesar 18,9%. (2) Pada aspek afektif, nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan t-hitung sebesar 3,206 > t-tabel 2,002, serta nilai R² sebesar 0,151, menunjukkan pengaruh sebesar 15,1%. (3) Sedangkan pada aspek psikomotorik, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan t-hitung sebesar 4,757 > t-tabel 2,002 dan nilai R² sebesar 0,281, menunjukkan bahwa model tersebut memberikan pengaruh terbesar yaitu sebesar 28,1% terhadap perkembangan keterampilan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209211038 SELVI AGUSTIN
Date Deposited: 30 Oct 2025 08:51
Last Modified: 30 Oct 2025 08:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63637

Actions (login required)

View Item View Item