BOGA PUTRI SETIOWATI, 126212213045 and IFAH SILFIANAH, 198507092018012001 (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MELATIH KREATIVITAS SISWA SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (632kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
|
Text
DAFAR ISI.pdf Download (86kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (227kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Materi Asam Basa untuk Melatih Kreativitas Siswa SMA/MA” ini ditulis oleh Boga Putri Setiowati, NIM. 126212213045, pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan E-LKPD, PjBL, asam basa, kreativitas Penelitian ini didasarkan pada kurangnya sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Seperti di MA Sunan Kalijogo yang masih menyediakan sumber belajar dalam bentuk teks dengan isi yang hampir keseluruhan hanya bacaan. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi kurang tertarik untuk mempelajarinya, terutama pada mata pelajaran kimia khususnya materi asam basa. Upaya peneliti untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengembangkan suatu sumber belajar berupa E-LKPD yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Oleh karena itu diperlukan penelitian pengembangan sumber belajar berupa E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi asam basa untuk melatih kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan E-LKPD berbasis PjBL pada materi asam basa untuk melatih kreativitas siswa. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan E-LKPD berbasis PjBL pada materi asam basa untuk melatih kreativitas siswa. 3) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap E-LKPD berbasis PjBL pada materi asam basa untuk melatih kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahpan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara guru dan siswa, angket kebutuhan siswa, lembar validasi ahli, dan angket respon siswa. Uji validitas dilakukan oleh Dosen Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan Guru Kimia sebagai ahli materi dan ahli media. Subjek pada uji coba terbatas yaitu siswa kelas XI IPA 1 MA Sunan Kalijogo Kediri sebanyak 29 siswa. Data yang dihasilkan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) E-LKPD berbasis PjBL pada materi asam basa untuk melatih kreativitas siswa yang dikembangkan sesuai dengan proses pengembangan 3D. (2) Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase rata-rata sebesar 88,7% dengan kateggori sangat valid. (3) Respon siswa terhadap E-LKPD berbasis PjBL pada materi asam basa untuk melatih kreativitas siswa memperoleh rata-rata keseluruhan aspek sebesar 88,7% dengan kriteria sangat baik.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Kimia |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
| Depositing User: | 126212213045 BOGA PUTRI SETIOWATI |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:52 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:52 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
