ISNA WILDA SALAMAH, 12208183022 and IVAN ASHIF ARDHANA, 199212082019031011 (2025) ANALISIS CAKUPAN LITERASI SAINS PADA BUKU BIOLOGI UNTUK SMA/MA KELAS XI B TERBITAN INTAN PARIWARA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains di Indonesia yang bisa dilihat dari data Programme for International Student Assessment (PISA). Rendahnya literasi sains menyebabkan siswa menjadi kurang peka dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di lingkungan sekitar, tidak mampu menggunakan ilmu pengetahuan sains pada kehidupan nyata, siswa juga akan kesulitan memecahkan permasalahan dan lambat dalam mengambil sebuah keputusan. Salah satu sarana untuk meningkatkan literasi sains dalam biologi yaitu dengan menggunakan bahan ajar yang berkualitas. Dengan demikian, penelitian ini penting dilakukan untuk menilai sejauh mana buku biologi kelas XI semester 2 mendukung pengembangan literasi sains siswa berdasarkan kerangka kerja PISA. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa jauh muatan literasi sains pada buku Biologi Kelas XI Semester 2. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan sejauh mana indikator literasi sains berdasarkan PISA 2025 muncul dalam buku Biologi untuk SMA/MA Kelas 11B yaitu dalam bab 1 sistem koordinasi dan sistem gerak pada tubuh manusia, bab 2 sistem hormon dan fungsinya pada reproduksi manusia, dan bab 3 pertumbuhan dan perekembangan tumbuhan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis dokumen menggunakan kerangka kerja PISA 2025, yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa buku Biologi Kelas XI Semester 2 memuat semua aspek literasi sains berdasarkan kerangka kerja PISA 2025. Aspek dengan kemunculan tertinggi yaitu aspek kompetensi ilmiah dengan persentase sebesar 33,57%, diikuti dengan aspek pengetahuan ilmiah dengan persentase sebesar 30,88%, diiurutan ketiga yaitu aspek konteks dengan persentase sebesar 26,96%, lalu aspek identitas ilmiah dengang persentase sebesar 7,35%, di urutan terakhir ditempati aspek Di urutan terakhir yaitu aspek kompetensi pengetahuan lingkungan dengan persentase 1,23%. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh siswa, guru, dan sekolah untuk membantu memilih buku ajar tepat, yang memuat literasi sains. Selain itu, dapat digunakan peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Biologi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
| Depositing User: | 12208183022 ISNA WILDA SALAMAH |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 07:18 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 07:18 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
