AMILLIYA NOOR AZIZAH, 126207202035 (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMPN 3 KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (819kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMPN 3 Kalidawir Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur Tahun Pembelajaran 2023/2024.” Skripsi ini ditulis oleh Amilliya Noor Azizah NIM 126207202035, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Sukarji, M.Pd.I Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru sebagai respons terhadap perkembangan zaman yang pesat, mengingat peran vital guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan nasional. Fokus studi adalah menganalisis empat aspek kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung, yaitu perencanaan, implementasi, evaluasi, dan hasil, dalam upaya peningkatan profesionalisme guru. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi dari berbagai subjek di sekolah, dan divalidasi dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan melibatkan pembinaan, pengawasan, peningkatan disiplin, dan pemberian motivasi/penghargaan. Implementasi dilakukan melalui partisipasi guru dalam pelatihan/seminar, pengawasan harian, penerapan program disiplin (Budaya 3S), dan pemberian penghargaan seperti kenaikan jabatan atau liburan. Evaluasi dilakukan melalui pengawasan dan rapat akhir tahun pelajaran. Secara keseluruhan, hasil kepemimpinan kepala sekolah terbukti meningkatkan secara signifikan kinerja guru, kualitas pembelajaran, semangat, kedisiplinan, dan kolaborasi antar guru di sekolah tersebut.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | 126207202035 AMILLIYA NOOR AZIZAH |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:08 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:08 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
