ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS SUAP YANG MELIBATKAN ZAROF RICAR DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN CNN INDONESIA

ANNISA LAILATUL MAGHFIROH, 126304202063 and BARLIAN ANUNG PRABANDONO, 199312262022032003 (2025) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS SUAP YANG MELIBATKAN ZAROF RICAR DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN CNN INDONESIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Lailatul Maghfiroh, (2025). Analisis Framing Pemberitaan Kasus Suap Yang Melibatkan Zarof Ricar Di Media Online Kompas.com dan CNN Indonesia. Program Studi: Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Barlian Anung Prabandono, S.I.Kom., M.A. Kata Kunci: framing, pemberitaan, suap, Zarof Ricar, Kompas.com, CNN Indonesia. Penelitian ini menganalisis framing pemberitaan kasus suap yang melibatkan mantan pejabat Mahkamah Agung, Zarof Ricar, di Kompas.com dan CNN Indonesia pada Oktober 2024. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori framing Pan dan Kosicki, penelitian ini fokus pada perbedaan cara kedua media membingkai berita. Hasilnya menunjukkan bahwa kedua media menggunakan judul dan lead yang jelas, dengan Kompas.com lebih lengkap dalam aspek 5W+1H. Kedua media mengandalkan sumber yang sama, namun Kompas.com lebih detail dalam penyajian kasus. Perbedaan muncul dalam penggunaan istilah: Kompas.com menggunakan kata “fee” untuk suap, sedangkan CNN Indonesia memakai “diduga” untuk menekankan ketidakpastian hukum, serta lebih banyak menampilkan foto dan video. Secara keseluruhan, meskipun memiliki pendekatan serupa, kedua media memperlihatkan perbedaan dalam penyajian dan elemen berita yang mencerminkan sudut pandang masing-masing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304202063 ANNISA LAILATUL MAGHFIROH
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:58
Last Modified: 07 Nov 2025 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63833

Actions (login required)

View Item View Item