LAILATUN NISFI'AH, 126207212111 and AHMAD TANZEH, 196906121999031003 (2025) MANAJEMEN KONFLIK PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN (Studi Kasus Di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (237kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (163kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Konflik Peserta Didik Dalam Membentuk Kedisiplinan (Studi Kasus Di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung)”, ini ditulis oleh Lailatun Nisfi’ah, NIM. 126207212111. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata kunci: manajemen konflik, kedisiplinan, Penelitian ini membahas mengenai Manajemen Konflik dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik (Studi Kasus di SMPN 1 Kaalidawir Tulungagung). Kedisiplinan menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah instansi termasuk lembaga Pendidikan. Kedisiplin yang telah terbentuk dengan baik disekolah akan membantu meningkatkan pembelajaran yang kondusif yang akan berpengaruh pada prestasi peserta didik. Seperti yang diketahui bahwa anak pada usia remaja memiliki pola pikir labil yang mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Jika sekolah tidak memiliki pengeloaan masalah terkait dengan kedisiplinan yang baik maka buda disiplin akan sulit di miliki oleh sekolah. Focus menelitian ini terdiri dari identifikasi konflik peserta didik, analisis konflik peserta didik, penyelesaian konflik peserta didik dan pengawsan konflik peserta didik di SMPN 1 Kalidawir. Tujuan dari penelitian ini, ialah untuk mendeskripsikan manajemen konflik dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi pastisipan, dan studi dokumentar yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, waka kesiswaan, dan guru. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan reduksi data, penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Manajemen konflik yang efektif terbukti berkontribusi dalam peningkatan kedisiplinan siswa. Dengan demikian manajemen konflik menjadi komponen penting dalam penguatan karakter dan pembentukan perilaku disiplin siswa.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | 126207212111 LAILATUN NISFI'AH |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 06:39 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 06:39 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
