PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI ISLAM PURWOKERTO SRENGAT BLITAR

DEFI LUTFIANA, 126205213199 and M. ARIF FAIZIN, 197608272005011005 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI ISLAM PURWOKERTO SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (883kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik di MI Islam Purwokerto Srengat Blitar” ini ditulis oleh Defi Lutfiana, NIM. 126205213199, dengan pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M. Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang sering ditemukan adalah kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, yang berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang bersifat monoton dan kurang melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan belajar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Islam Purwokerto Srengat Blitar. (2) Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di MI Islam Purwokerto Srengat Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik di MI Islam Purwokerto Srengat Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI Islam Purwokerto Srengat Blitar. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas 4A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 4B yang berjumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Dan uji hpotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample t-Test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Fikih peserta didik kelas IV MI Islam Purwokerto. Hal ini berdasarkan perhitungan Uji T untuk motivasi belajar Fikih diperoleh nilai thitung pada Equal variances assumed = 3,157 > ttabel = 2,032 dengan taraf signifikansi 5% dan pada Sig.(2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih peserta didik kelas IV MI Islam Purwokerto. Hal ini berdasarkan perhitungan Uji T untuk hasil belajar Fikih diperoleh nilai thitung pada Equal variances assumed = 4,466 > ttabel = 2,032 dengan taraf signifikansi 5% dan pada Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih peserta didik kelas IV MI Islam Purwokerto. Hal ini berdasarkan perhitungan uji MANOVA untuk motivasi dan hasil belajar Fikih diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213199 DEFI LUTFIANA
Date Deposited: 13 Nov 2025 01:30
Last Modified: 13 Nov 2025 01:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63950

Actions (login required)

View Item View Item