PERAN WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MTSN 1 TULUNGAGUNG

WILDAN BARZAKHUN LAYABGHIYAN, 126207211048 and MUHAMMAD ZAINI, 197112281999031002 (2025) PERAN WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (830kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Wildan Barzakhun Layabghiyan, NIM. 126207211048, dengan pembimbing Dr. Muhammad Zaini M.A Kata Kunci: Peran Wakil Kepala Madrasah, Sarana dan Prasarana, Kualitas Pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Wakil Kepala Madrasah bidang sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 1 Tulungagung. Sarana dan prasarana sebagai salah satu komponen utama dalam menunjang kualitas pembelajaran. Dalam Perencanaan, Pengadaan, Dan inventarisasi sarana dan prasarana sering kali belum optimal akibat berbagai kendala. Berkaitan hal ini diperlukan penelitian mengenai mengkaji secara menyeluruh bagaimana perencanaan, pengadaan, dan penginventarisasian Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MTsN 1 Tulungagung. Fokus penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) Perencanaan sarana dan prasarana oleh wakil kepala madrasah bidang sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 1 Tulungagung; (2) Pengadaan sarana dan prasarana oleh wakil kepala madrasah bidang sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 1 Tulungagung; (3) Inventarisasi sarana dan prasarana oleh wakil kepala madrasah bidang sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 1 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan perencanaan sarana dan prasarana oleh wakil kepala madrasah bidang sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pengadaan sarana dan prasarana oleh wakil kepala madrasah bidang sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 1 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan inventarisasi sarana dan prasarana oleh wakil kepala madrasah bidang sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana guru dan staf. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, keteralihan, kepastian. kebergantungan, keikutsertaan, triangulasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung dilaksanakan oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana perencanaan dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh unsur madrasah dan mengacu pada visi misi lembaga, disertai evaluasi berkala dan kerja sama eksternal. (2) Pengadaan sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung dilaksanakan secara sistematis berdasarkan skala prioritas, dengan sumber dana utama berasal dari DIPA dan dukungan komite, meskipun terkendala keterbatasan anggaran dan lambatnya respons pemerintah. (3) Inventarisasi sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung dilakukan menggunakan aplikasi SIMAN dan DIR secara kolaboratif oleh tim sarpras dan TU, namun menghadapi kendala teknis dalam pencatatan detail serta keterbatasan tenaga administrasi yang kompeten.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pandemi
Pariwisata
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211048 WILDAN BARZAKHUN LAYABGHIYAN
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:36
Last Modified: 13 Nov 2025 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63999

Actions (login required)

View Item View Item