ELFAN MAULA SAPUTRA, 126210211011 and RAHMAWATI MULYANINGTYAS, 198906122020122012 (2025) PEMANFAATAN APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA SISWA KELAS XI MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (576kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (180kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (186kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Aplikasi YouTube Sebagai Media Pembelajaran Drama Siswa Kelas XI MAN 2 Jombang” ditulis oleh Elfan Maula Saputra, NIM. 126201211011, Progam Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: YouTube, Pembelajaran Drama, Pembelajaran Interaktif. YouTube banyak digunakan dalam pembelajaran, tetapi belum banyak diteliti untuk keterampilan menyimak teks drama. Penelitian sebelumnya lebih fokus pada teks nonsastra dan keterampilan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pemanfaatan aplikasi YouTube sebagai media pembelajaran dalam menyimak teks drama di kelas XI MAN 2 Jombang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggunakan YouTube dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks drama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran drama serta mengetahui manfaatnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas XI. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi siswa, guru, dan lembaga pendidikan dalam pemanfaatan teknologi digital untuk memperkaya interaksi dan dinamika pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan siswa dan guru. Teknik analisis data dilakukan dengan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti melakukan perluasan kehadiran dan observasi ulang, serta triangulasi data untuk meningkatkan kredibilitas temuan. Melalui pendekatan ini, penelitian bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengaruh penggunaan YouTube dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks drama, serta untuk mengeksplorasi kendala-kendala yang mungkin dihadapi selama proses pembelajaran berbasis digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang teks drama. Perencanaan yang baik, pemilihan teks yang relevan, dan pemanfaatan video pementasan visual yang menarik berhasil memperkaya proses pembelajaran. Selain menonton video, siswa juga terlibat dalam diskusi dan tugas analisis yang memperdalam pemahaman mereka. Evaluasi melalui tugas analisis dan praktik akting membantu meningkatkan keterampilan mereka. Meskipun ada tantangan teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil, YouTube memberikan kontribusi positif terhadap motivasi dan keterlibatan siswa, serta memperkuat keterampilan literasi media mereka. Penelitian ini menyarankan pentingnya dukungan fasilitas teknologi yang memadai, kreativitas guru, dan partisipasi aktif siswa untuk memaksimalkan pembelajaran berbasis digital.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Umum |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | 126210211011 ELFAN MAULA SAPUTRA |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 02:55 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 02:55 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
