Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I, 19650903199803 (2016) MOdel of Student's Academic and Non-Academic Behaviours in Imploving Learning Achievement and Discipline at Nurul 'Ulum Modern Pesantren in Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 5 (2). pp. 387-411. ISSN 2301-9166
|
Text
Jurnal 2.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku akademik dan non-akademik yang dapat mempengaruhi prestasi dan kedipilinan santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua metode initi yaitupengamatan partisipasif dan wawancara mendalam. Data dianalisis dengan mengunakan empat langkah baku yaitu pengumpulan data, penyaringan data, klasifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: 1) perilaku akademik siswa baik selama mengikuti proses pembelajaran di kelas madrasah maupun di luar kelas mayoritas bersifat sangat baik, 2) perilaku akademik yang paling menonjjol di pesantren modern adalah perlaku berbahasa inggris dan arab, yang mayoritas santri menguasai kedua Bahasa tersebut, 3) perilaku akademik dalam bentuk peningkatan kesempatan dan prestasi belajar dilakukan santri dengan cara boarding, tidak memasak, tidak mencuci sendiri, tidak membawa hp, motor, radio, tv, dan alat elektronik lainnya, 4) perilaku non-alkademik, berupa sopan santun terhadap santri senior dan para ustadz, serta perilaku disiplin dan ketaatan terhadap tata tertib pesantren dirasakan sudah sangat baik, terbukti tidak ada santri yang dikeluarkan dari pesantren akibat pelanggaran terhadap peraturan dan tata tertib pesantren.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Jurnal |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Doktor 196509031998032001 Binti Maunah |
Date Deposited: | 15 Dec 2017 10:17 |
Last Modified: | 15 Dec 2017 10:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6430 |
Actions (login required)
View Item |