ANNIDA RIZKY FADLILLAH, 126310212065 and CORRY ASMARANY, 1994092120231413 (2025) PENGARUH LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER..pdf Download (427kB) |
|
|
Text
ABSTRAK..pdf Download (150kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI..pdf Download (95kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (136kB) |
|
|
Text
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
BAB III..pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
|
|
Text
BAB VI..pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (40kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) terhadap tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi yang mendorong institusi pendidikan untuk mengimplementasikan SIAKAD guna meningkatkan efisiensi pengelolaan data akademik dan kemudahan akses informasi bagi mahasiswa. Meskipun demikian, dalam praktiknya, masih ditemukan kendala seperti kesulitan akses situs dan ketidaksesuaian jadwal yang berpotensi memengaruhi kepuasan mahasiswa, oleh karena itu masalah penelitian ini berfokus pada bagaimana layanan SIAKAD memengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, yang diambil secara acak dari populasi mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah yang berjumlah 4.772 mahasiswa. Data tambahan juga dikumpulkan melalui dokumentasi guna memperkuat analisis penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana dan uji signifikansi dengan bantuan SPSS versi 21, setelah melalui uji prasyarat seperti validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas layanan SIAKAD dan kepuasan mahasiswa, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,587, yang berarti 58,7% variasi dalam kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh layanan SIAKAD. Aspek-aspek penting yang berkontribusi terhadap kepuasan meliputi kemudahan akses, kecepatan respons, dan akurasi informasi. Meskipun ada kendala, mahasiswa tetap merasakan manfaat dari fitur-fitur SIAKAD. Uji hipotesis mengkonfirmasi adanya pengaruh positif dan signifikan (p < 0,001) dari layanan SIAKAD terhadap kepuasan mahasiswa. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk memperluas cakupan wilayah penelitian agar hasil dapat lebih representatif. Kata Kunci: Sistem Informasi Akademik, Kepuasan Pengguna, Kualitas Layanan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Perpustakaan |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
| Depositing User: | 126310212065 ANNIDA RIZKY FADLILLAH |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 03:13 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 03:13 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
