ANNISA RAHMAWATI SUNARDI, 126407212057 and BINTI NUR ASIYAH, 198008112011012007 (2025) STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI SDM PEMANDU WISATA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI AGROWISATA KEBOEN KOPI DE KARANGANJAR BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (723kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (298kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (669kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kompetensi SDM Pemandu Wisata dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Agrowisata Keboen Kopi De Karanganjar Blitar” ini ditulis oleh Annisa Rahmawati Sunardi, NIM. 126407212057, dengan pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si Kata Kunci: Strategi Peningkatan, Kompetensi, Sumber Daya Manusia, Pemandu Wisata, Kualitas Pelayanan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pemandu wisata menjadi peran penting dalam industri pariwisata, berfungsi sebagai media komunikasi dan informasi antara destinasi dan pengunjung. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh pemandu wisata secara langsung mempengaruhi pengalaman wisatawan, yang pada gilirannya dapat berdampak pada reputasi suatu destinasi. Oleh karena itu, strategi peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pemandu wisata sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi SDM pemandu wisata di Agrowisata Keboen Kopi De Karanganjar Blitar? (2) Bagaimana strategi peningkatan yang kompeten oleh pemandu wisata di Agrowisata Keboen Kopi De Karanganjar Blitar? (3) Bagaimana peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh pemandu wisata di Agrowisata Keboen Kopi De Karanganjar Blitar? Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis melakukan pengecekan ulang untuk mendapatkan data yang diperoleh dan menggunakan teknik triangulasi, dengan tujuan untuk mendapatkan kevalidan data. Setelah itu, menganalisisnya melalui kondensasi data dan pembuatan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Kompetensi pemandu wisata di Keboen Kopi De Karanganjar sudah memiliki kompetensi dasar di antaranya adalah kemampuan berkomunikasi, memiliki problem solving, kemampuan untuk mempersiapkan diri sebelum memandu, dan adanya kemampuan menarik untuk menjelaskan kepada wisatawan anak-anak. (2) Strategi peningkatan kompetensi pemandu wisata di Keboen Kopi De Karanganjar adalah meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, melaksanakan pelatihan memandu dari atasan, dapat mengatasi tantangan saat improvisasi diri, dan melaksanakan evaluasi terkait dengan strategi peningkatan yang sudah dilakukan. (3) Peningkatan kualitas pelayanan adalah menyesuaikan gaya terhadap wisatawan, mendapatkan timbal balik dari wisatawan karena sudah memberikan pelayanan yang maksimal, mampu menyelesaikan permasalahan dalam pelayanan, dan membuat wisatawan merasa nyaman dengan bersikap ramah tamah dan sopan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pariwisata > Desa Wisata Pariwisata Pariwisata > Pemandu Wisata |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
| Depositing User: | 126407212057 ANNISA RAHMAWATI SUNARDI |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 07:20 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 07:20 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
