PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR (SAC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMPN 2 DURENAN

SALMA FAIZA SHULCHA, 126204211068 and DEWI ASMARANI, 197704122009122001 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR (SAC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMPN 2 DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (958kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator (SAC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMPN 2 Durenan” ini ditulis oleh Salma Faiza Shulcha, NIM 126204211068, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dengan pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran, mobile learning, Smart Apps creator Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh kurangnya minat belajar serta metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan minim penggunaan media pembelajaran interaktif. Selain itu, banyak siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga dibutuhkan inovasi media pembelajaran yang menarik, fleksibel, dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Media pembelajaran yang dikembangkan yaitu media pembelajaran mobile learning berbasis android menggunakan Smart Apps Creator (SAC) pada materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan menggunakan Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di kelas VII SMPN 2 Durenan, (2) Untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan menggunakan Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di kelas VII SMPN 2 Durenan, (3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan menggunakan Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di kelas VII SMPN 2 Durenan, (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan menggunakan Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel di kelas VII SMPN 2 Durenan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah 26 siswa dari kelas VII A. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar angket validasi dan respon, lembar observasi serta soal tes. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1)langkah pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android menggunakan Smart Apps Creator (SAC) pada materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel diawali dengan tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) kevalidan media pembelajaran dari validator memperoleh presentase sebesar 93,5%, artinya media pembelajaran dikatakan valid. (3) kepraktisan media pembelajaran dari presentase angket respon guru sebesar 91% dan lembar observasi guru sebesar 100% , artinya media pembelajaran dinyatakan praktis. (4) keefektifan media pembelajaran dari hasil tes siswa dan hasil angket respon siswa. Hasil tes siswa memperoleh presentase sebesar 89,5%. Untuk rata-rata angket respon siswa memperoleh rata-rata 96,15%. Artinya media pembelajaran dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211068 SALMA FAIZA SHULCHA
Date Deposited: 25 Nov 2025 08:24
Last Modified: 25 Nov 2025 08:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64387

Actions (login required)

View Item View Item