Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa

Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I, 19650903199803 (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5 (1). pp. 90-101. ISSN 2089-5003

[img]
Preview
Text
Jurnal 10.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs N Janung dan SMPN 1 Talun Blitar. Data diperoleh dari hasil indept interview dengan key informant: kepala seklah, wakil kepala sekolah, wali kelas, guru dan siswa. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah: data reduction, data display, dan conclusion/verification). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) pengelolaan pendidikan karakter dapat dibagi menjadi dua strategi, yaitu internal dan eksternal sekolah; (2) strategi internal sekolah dapat ditempuh melalui 4 pilar, yakni kegiatan belajar mengajar di kelas, kegiatan keseharian dalam bentuk school culture, kegiatan habituation, kegiatan ko-kurikuler, dan ekkstra kurikuler; dan (3) strategi eksternal dapat ditempuh melalui kerja sama dengan orang tua dan masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Jurnal
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Doktor 196509031998032001 Binti Maunah
Date Deposited: 18 Jun 2019 08:49
Last Modified: 18 Jun 2019 08:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6439

Actions (login required)

View Item View Item