DENISYA SEKARARUM SURYORINI, 12210193090 and MUH. BASUNI, 197803122003121001 (2025) PERAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Bahasa Indonesia dalam Mengimplementasikan Kurikukulum Merdeka Belajar di MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Denisya Sekararum Suryorini, NIM 12210193090, dengan pembimbing Dr. H. Muh. Basuni, M.Pd. NIP. 197803122003121001 Kata Kunci: Peran Guru, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu inovasi pembaharuan dalam dunia pendidikan di Indonesia yang dirancang untuk menjawab tantangan pendidikan abad ke-21. Kurikulum ini menekankan pada kemandirian belajar, fleksibilitas pembelajaran, serta pengembangan kompetensi peserta didik sesuai dengan potensi, minat, dan bakat masing-masing. Dalam proses implementasinya, peran guru menjadi faktor kunci yang sangat menentukan keberhasilan penerapan kurikulum ini, karena guru berfungsi tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dan pembimbing dalam membentuk karakter serta kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dalam proses pembelajaran. Secara khusus, penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan peran guru Bahasa Indonesia di MTsN 1 Kota Blitar dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar, serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dan solusi yang diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, karena berorientasi pada pemahaman mendalam terhadap fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan langsung dengan kegiatan pembelajaran guru di dalam kelas. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Bahasa Indonesia dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar mencakup berbagai aspek penting, di antaranya guru sebagai implementers, developers, organisator dan administrator, informator, inovator, pengarah (director), fasilitator, evaluator, serta motivator. Namun, dalam pelaksanaannya ditemukan bahwa Subjek I mengalami beberapa hambatan, antara lain keterbatasan sarana dan prasarana pendukung, kurangnya pemahaman mendalam terhadap konsep Kurikulum Merdeka Belajar, serta kesulitan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai karakteristik peserta didik. Sementara itu, Subjek II mampu mengatasi hambatan-hambatan tersebut melalui penerapan berbagai strategi inovatif, seperti melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia secara optimal, mengintegrasikan media digital dalam kegiatan belajar mengajar, serta mendorong pelaksanaan proyek literasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | 12210193090 DENISYA SEKARARUM SURYORINI |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 03:03 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 03:03 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
