ARIZA RIZKI ROSIDAH, 126402213193 and RETNO DEWI ZULAIKAH, 199212032025212015 (2025) PENGARUH GAYA HIDUP, BRAND IMAGE, DAN FLASH SALE TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Konsumen Brand Miniso Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (79kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (373kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Hidup, Brand Image, dan Flash Sale Terhadap Impulsive Buying Behavior Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Konsumen Brand Miniso Tulungagung)” ini ditulis oleh Ariza Rizki Rosidah, NIM. 126402213193, pembimbing Retno Dewi Zulaikah S. HI, M.E. Kata Kunci: Gaya Hidup, Brand Image, Flash Sale, Impulsive Buying. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya pengaruh media sosial di era digital terhadap perilaku konsumen, terutama generasi muda. Fenomena ini memicu pembentukan gaya hidup yang seringkali dipamerkan dan ditiru di media sosial, menciptakan hasrat bahkan ambisi untuk memiliki kehidupan serupa. Dalam konteks konsumsi, hal ini berkontribusi pada kecenderungan impulsive buying, di mana keputusan pembelian dipengaruhi oleh keinginan untuk mengikuti tren gaya hidup yang dipromosikan di media sosial dan citra merek (brand image) yang kuat. Strategi pemasaran digital, seperti flash sale, semakin memperkuat dorongan untuk membeli secara impulsif. Dari perspektif ekonomi Islam, perilaku konsumtif ini juga perlu dikaji karena prinsip-prinsip Islam menekankan konsumsi yang seimbang, menghindari pemborosan (israf), dan mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sumber data diperoleh dari pengalaman para konsumen brand Miniso Tulungagung dengan metode accidental sampling. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden melalui kuisioner. Analisis data dalam menentukan hipotesis penelitian terdiri dari uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji simultan dan uji parsial), serta koefisien determinasi yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara simultan antara Gaya Hidup, Brand Image, Dan Flash Sale berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying Behavior konsumen Miniso Tulungagung, (2) Gaya Hidup berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Impulsive Buying Behavior konsumen Miniso Tulungagung, (3) Brand Image berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Impulsive Buying Behavior konsumen Miniso Tulungagung, (4) Flash Sale berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying Behavior konsumen Miniso Tulungagung. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh perusahaan sebagai bahan evaluasi dan perencanaan strategi penjualan yang lebih tepat sasaran, terutama dalam penggunaan teknik flash sale, agar dapat memaksimalkan keuntungan tanpa memicu perilaku konsumtif yang berlebihan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Konsumen Ekonomi > Ekonomi Syariah |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | 126402213193 ARIZA RIZKI ROSIDAH |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 04:37 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 04:37 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
