PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK STRIP BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DURENAN

LUTFI ISRO'ATUL MAHMUDAH, 126210212106 and BAGUS WAHYU SETYAWAN, 199304272020121008 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK STRIP BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Komik Strip Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan” ini ditulis oleh Lutfi Isro’atul Mahmudah, NIM. 126210212106, dengan pembimbing Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd. Kata Kunci: komik strip, kearifan lokal, kemampuan menulis puisi. Menulis puisi merupakan salah satu bentuk keterampilan ekspresif dalam kurikulum Bahasa Indonesia yang penting untuk mengembangkan daya imajinasi, rasa, bahasa, dan kreativitas siswa. Namun, praktik pembelajaran di SMP Negeri 1 Durenan menunjukkan belum optimalnya pendekatan dan media pembelajaran yang digunakan, terutama dalam hal memanfaatkan aspek kreativitas siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran yang dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas siswa. Tidak hanya menggunakan media konvensional LKS saja. Tujuan dari penelitian ini yakni, mendeskripsikan pengaruh penggunaan media komik strip berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dan desain penelitiannya yaitu, nonequivalent control group design. Dalam penarikan sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa, dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, pretest dan posttest dalam keterampilan menulis puisi. Pretest dilakukan sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan media komik strip. Posttest dilakukan sesudah diberikan perlakuan penggunaan media komik strip. Data yang telah diperoleh dari dengan menggunakan tes kemudian dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji independent sample T-test. Setelah dilakukan analisis dapat diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa media komik strip berbasis kearifan lokal memberikan pengaruh yang efektif dalam pembelajaran kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan. Hal tersebut terbukti dari nilai posttest kelas eksperimen sebesar 82,74 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 75,97. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Selain itu, uji hipotesis menggunakan uji independent sample T-Test diperoleh hasil bahwa thitung ≥ ttabel yaitu , 3,562 ≥ 2,000. Dan juga diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media komik strip berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan menulis puisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210212106 LUTFI ISRO'ATUL MAHMUDAH
Date Deposited: 08 Dec 2025 03:45
Last Modified: 08 Dec 2025 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64555

Actions (login required)

View Item View Item