PRESTIKA PUTRI SWANDANI, 126407212079 and QOMARUL HUDA, 197304142003121003 (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN HAJI (Studi pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Implementasi Program Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Haji (Studi pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar)" ini ditulis oleh Prestika Putri Swandani, NIM 126407212079, dengan pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Kata Kunci: SISKOHAT, Pelayanan Haji, Kualitas Layanan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah calon jemaah haji dan kebutuhan akan layanan yang cepat dan terintegrasi. Kementerian Agama merespons hal ini dengan mengembangkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan. Sistem ini mencakup pendaftaran, pembatalan, monitoring bio visa, serta integrasi dengan berbagai instansi terkait. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi SISKOHAT dan kontribusinya terhadap peningkatan kualitas layanan haji. Terdapat dua fokus penelitian, yaitu 1) Bagaimana Implementasi Program Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) dalam meningkatkan kualitas layanan haji di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar? 2) Apa yang menjadi Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Program Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) dalam Meningkatkan Kualitas Layanan (Studi pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar)? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus untuk menggambarkan kondisi sebenarnya yang terjadi di lapangan, pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi di lapangan, serta data sekunder yang diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan karya ilmiah lainnya. Subjek penelitian adalah Petugas PHU dan jemaah haji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi SISKOHAT di Kementerian Agama Kabupaten Blitar telah berjalan cukup efektif dalam meningkatkan kualitas layanan haji, khususnya dalam hal efisiensi pelayanan, ketepatan data, dan kemudahan akses informasi bagi jemaah. 2) Faktor pendukung implementasi meliputi ketersediaan sistem yang terintegrasi dan dukungan regulasi, sedangkan faktor penghambat mencakup keterbatasan sumber daya manusia, jaringan internet, serta kendala teknis pada sistem.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pariwisata Pariwisata > Pemandu Wisata Pariwisata > Wisata Religi |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
| Depositing User: | 126407212079 PRESTIKA PUTRI SWANDANI |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 07:28 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 07:28 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
