MOHAMMAD HIBATULLOH ROFIUDDIN, 126209211022 and HENDRA PRATAMA, 198508142023211013 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA GUNUNG API AKTIF DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS VII MTs PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (894kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (318kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (341kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Diorama Gunung Api Aktif Dalam Pembelajaran di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Mohammad Hibatulloh Rofiuddin, NIM. 126209211022, dengan pembimbing Hendra Pratama, M.Pd., NIP. 198508142023211013. Kata Kunci: Pengembangan, Media Diorama, Gunung Api Aktif, MTs, Pembelajaran Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa, bagaimana media diorama gunung api aktif dapat digunakan dalam pembelajaran, serta dampaknya terhadap pemahaman konsep siswa. Penilitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung dan juga memberikan alternatif media pembelajaran yang inovatif bagi guru. Tujuan yang hendak diperoleh dalam penenilitan ini adalah (1)untuk mendeskripsikan langkah-langkah proses pengembangan Media Diorama Gunung Api Aktif (2)untuk mengetahui kevalitan penggunaan Media Diorama Gunung Api Aktif (3)untuk mengetahui efektivitas penggunaan Media Diorama Gunung Api Aktif Dalam Pembelajaran Di Kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah, mulai dari studi pendahuluan, planning, pengembangan desain, preliminary field testing(validasi ahli media), uji coba kelompok kecil, revisi produk oprasional(awal),uji coba skala besar, uji validitas media, penyempurnaan produk akhir, distribusi dan desiminasi. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi, observasi, wawancara, serta pre-test dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan uji efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama berasil dikembangkan, hasil validasi media Diorama Gunung Api Aktif oleh ahli media memperoleh skor 75 dari total keseluruhan skor 75 dan memperoleh presentasi sebesar 100%, Sedangkan dari hasil validasi guru memperoleh skor 71 dari total keseluruhan skor 75, dan memperoleh presentasi sebesar 94,66%. Dari hasil Angket siswa skala besar memperoleh skor 2150 dari total keseluruhan skor 2250 dengan persentase sebesar 95,55%, dan Hasil Dari Pretest dan Post-test, Berdasarkan hasil perhitungan pre test dan post test, nilai rata-rata N Gain memperoleh sebesar 0,71 dengan kategori (peningkatan Tinggi). Bedasarkan pengitungan presentase media diorama gunung api aktif diatas memperoleh presentase sebesar 90% dengan kategori (sangat efektif).
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
| Depositing User: | 126209211022 MOHAMMAD HIBATULLOH ROFIUDDIN |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:14 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:14 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
