ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIE, AND THREATS PADA PENGEMBANGAN USAHA HIJAB DI TOKO NYMAZ HIJAB KEDIRI

TRI WAHYUNINGSIH, 126402213217 and KHARISMA NOVITA SARI, 199609121996092890 (2025) ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIE, AND THREATS PADA PENGEMBANGAN USAHA HIJAB DI TOKO NYMAZ HIJAB KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strengths, Weaknesses, Opportunitie, and Threats pada Pengembangan Usaha Hijab di Toko Nymaz Hijab Kediri”, ini ditulis oleh Tri Wahyuningsih, NIM. 126402213217, dengan pembimbing Kharisma Novita Sari, M.E. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Usaha Hijab, Analisis SWOT Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan industri fashion hijab di Indonesia, yang ditandai dengan meningkatnya penggunaan hijab dari berbagai usia dan bertambahnya produk hijab di pasaran. Kondisi ini menciptakan peluang pasar besar, terutama dengan pertumbuhan kelas menengah muslim sebagai konsumen potensial. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu melakukan analisis SWOT untuk merumuskan strategi efektif dalam mengembangkan usaha dan mempertahankan daya saing di pasar. Fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimana strategi pengembangan usaha hijab (studi kasus di toko Nymaz Hijab Kediri)?. (2) Bagaimana strategi pengembangan usaha hijab dengan metode analisis SWOT (studi kasus di toko Nymaz Hijab Kediri)?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, serta analisis SWOT. Teknik yang digunakan untuk memeriksa keabsahan temuan yaitu menggunakan teknik triangulasi. Hasil analisis dan temuan penelitian ini yaitu: (1) Nymaz Hijab di Kediri sukses mengembangkan usahanya melalui strategi pemasaran digital yang efektif, inovasi produk yang mengikuti tren fashion muslim anak muda, serta pelayanan ramah baik secara online maupun offline. Analisis SWOT menunjukkan posisi perusahaan di kuadran 1 dengan kekuatan internal dan peluang eksternal tinggi, menandakan kondisi yang sangat mendukung untuk pertumbuhan agresif. Kombinasi strategi digital, inovasi berkelanjutan, dan pelayanan prima terbukti meningkatkan penjualan dan memperkuat posisi Nymaz Hijab di pasar. (2) Strategi pengembangan usaha Toko Nymaz Hijab Kediri berdasarkan analisis SWOT menekankan pemanfaatan kekuatan internal seperti produk variatif dan pelayanan baik untuk menangkap peluang di pasar fashion hijab yang terus tumbuh. Toko ini mengadopsi kombinasi empat strategi utama (SO, ST, WO, WT) untuk mengoptimalkan peluang, mengatasi ancaman, dan memperbaiki kelemahan melalui inovasi produk, digitalisasi, serta peningkatan pemasaran. Berada pada posisi yang menguntungkan di kuadran I matriks SWOT, Nymaz Hijab fokus pada strategi agresif untuk memperkuat daya saing dan memperluas pangsa pasar di Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402213217 TRI WAHYUNINGSIH
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:14
Last Modified: 11 Dec 2025 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64825

Actions (login required)

View Item View Item