SENJA TRI HANIA PUTRI, 126407211022 and MOH. ROIS ABIN, 198806102023211027 (2025) STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BIMBINGAN JAMAAH HAJI DI KBIHU AL-HIKMAH MELATHEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (704kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (929kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pelayanan dalam Meningkatkan Kualitas Bimbingan Jamaah Haji di KBIHU Al-Hikmah Melathen Tulungagung” ini ditulis oleh Senja Tri Hania Putri, NIM. 126407211022, Program Studi Pariwisata Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Moh. Rois Abin, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Kualitas Bimbingan, Jamaah Haji, KBIHU Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah calon jamaah haji dengan latar belakang pendidikan, usia, dan pengalaman yang beragam sehingga menyebabkan kebutuhan akan pelayanan bimbingan ibadah haji semakin kompleks. Seiring bertambahnya jumlah jamaah dan beragamnya tantangan yang dihadapi di lapangan, maka diperlukan strategi pelayanan yang tepat dan efektif agar proses bimbingan ibadah haji dapat berjalan secara optimal dan kualitasnya semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fokus penelitian: (1) Bagaimana strategi pelayanan reliability di KBIHU Al-Hikmah Melathen Tulungagung dalam meningkatkan kualitas bimbingan jamaah haji? (2) Bagaimana strategi pelayanan responsiveness di KBIHU Al-Hikmah Melathen Tulungagung dalam meningkatkan kualitas bimbingan jamaah haji? (3) Bagaimana strategi pelayanan tangibles di KBIHU Al-Hikmah Melathen Tulungagung dalam meningkatkan kualitas bimbingan jamaah haji? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Wakil Ketua umum, Sekretaris umum, calon dan alumni jamaah haji KBIHU Al-Hikmah Melathen Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik menguji keabsahan data menggunakan uji triangulasi yang didalamnya termuat triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pelayanan reliability KBIHU Al-Hikmah dalam meningkatkan kualitas bimbingan jamaah haji adalah dengan konsisten memberikan pelayanan sesuai janji, melaksanakan bimbingan ibadah haji tepat waktu, dan menyediakan pembimbing yang andal serta kompeten sesuai bidangnya. (2) Strategi pelayanan responsiveness KBIHU Al-Hikmah dalam meningkatkan kualitas bimbingan jamaah haji adalah dengan tanggap memberikan informasi terbaru secara jelas dan tanggap merespon kebutuhan ataupun menjawab pertanyaan jamaah. (3) Strategi pelayanan tangibles KBIHU Al-Hikmah dalam meningkatkan kualitas bimbingan jamaah haji adalah dengan menyediakan sarana prasarana yang memadai, menyediakan fasilitas fisik yang lengkap, dan memberikan penampilan pembimbing yang baik, rapi dan sopan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pariwisata Pariwisata > Wisata Religi |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
| Depositing User: | 126407211022 SENJA TRI HANIA PUTRI |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:17 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:17 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
