INTAN NURLAILI, 126207211013 and ZUHRI, 196508032000031001 (2025) PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH MELALUI PROGRAM VOKASIONAL DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (849kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (342kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (260kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Madrasah Melalui Program Vokasional” ini ditulis oleh Intan Nurlaili, NIM.126207211013, dengan pembimbing Dr. Zuhri, S. Ag., M.Si dan Dr. Sukarji, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Humas, Citra Madrasah, Program Vokasional Konteks penelitian ini adalah terdapat sebuah fenomena yang kontras yakni adanya persepsi bahwasannya kurikulum madrasah dinilai kurang relevan dengan kemajuan zaman. Persepsi bahwasannya madrasah hanya akan mengajarkan agama akan membentuk karakter siswa menjadi kurang percaya diri terhadap kemampuannya bekerja setelah lulus sekolah. Adapun madrasah ini telah mencoba menghilangkan persepsi kuno ini, namun masih banyak masyarakat yang tertinggal akan informasi kemajuan kurikulum yang di tingkatkan oleh madrasah. Oleh karena itu, humas berperan penting dalam menjembatani antara informasi yang ada di internal madrasah menuju eksternal madrasah. Adapun focus penelitian ini adalah; 1)Bagaimana bentuk strategi humas dalam meningkatkan citra madrasah melalui program vokasional di MAN 3 Blitar ? 2)Bagaimana peran humas dalam mempromosikan program vokasional untuk meningkatkan citra MAN 3 Blitar ? 3)Bagaimana dampak promosi humas dalam meningkatkan citra madrasah melalui program vokasional di MAN 3 Blitar? Dengan tujuan penelitian 1)Untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk strategi humas dalam meningkatkan citra madrasah melalui program vokasional di MAN 3 Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran humas dalam mempromosikan program vokasional untuk meningkatkan citra MAN 3 Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana dampak promosi humas dalam meningkatkan citra madrasah melalui program vokasional di MAN 3 Blitar. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus yakni dengan cara mencari sendiri di lapangan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Yang kemudian disusun dalam bentuk tulisan atau deskripsi. Penelitian ini mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Ludwig Von Bertalanfy yang di adopsi dalam bidang kehumasan oleh James E. Gruning yang menyatakan bahwasannya pendekatan sistem menempatkan fungsi Humas bukan hanya sebagai penyampai informasi, tetapi sebagai penghubung antara organisasi dan lingkungannya. Fungsi Humas dalam kerangka sistem terbuka melibatkan aktivitas pemantauan lingkungan (environmental scanning), penyaringan umpan balik, dan penyesuaian kebijakan komunikasi internal dan eksternal organisasi. Adapun hasil penelitian ini ialah; 1) Adapun strategi komunikasi humas menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi utama baik komunikasi satu arah maupun dua arah, berupa website dan akun media sosial yang dapat dihubungi oleh pelanggan. Humas juga memanfaatkan penyebaran informasi mouth to mouth yang akan dilaksanakan sendiri oleh guru maupun pihak humas sendiri kepada masyarakat sekitar melalui event. 2) Adanya perencanaan sistematis bagi humas yakni menyusun program kerja utama, rutin maupun insidental Humas juga menjadi mediator dan komunikator untuk menjembatani madrasah dengan warga sekitar ataupun masyarakat external. 3) Dampaknya bagi madrasah adalah terbentuknya citra yang baik di mata masyarakat, meningkatnya jumlah peserta didik, dan manfaat langsung bagi siswa berupa dikenalnya madrasah dengan kemampuannya membentuk siswa berjiwa agamis dan mampu bersaing di dunia kerja. Adapun tantangan yang dihadapi humas sendiri adalah terbaginya focus antara tugas kehumasan dengan pembelajaran di ruang kelas karena masih double job. Dalam program vokasional sendiri saat ini masih dalam proses perkembangan untuk mencapai tujuan dari program itu sendiri. Dikarenakan program ini baru di implementasikan sehingga terdapat kendala berupa fasilitas yang kurang memadai dan belum tercatatnya lulusan yang sudah berhasil dalam bidang keterampilan. Sedangkan peluangnya saat ini sangat besar karena siswa menganggap bahwasannya madrasah Aliyah berbasis kegamaan ini telah mendapat nilai plus karena sudah mampu bersaing dengan sekolah menengah kejuruan setingkatnya.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Manajemen > Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | 126207211013 INTAN NURLAILI |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 04:08 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 04:08 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
