LAILY MUFIDATUZ ZAKIYAH, 126204212150 and MUSRIKAH, 197909102006042001 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTSN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (943kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (311kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
|
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
|
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (232kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VII MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Laily Mufidatuz Zakiyah NIM 126204212150 dibimbing oleh Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Berpikir Kritis Matematis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara menyelesaikan masalah konstektual dan cara berpikir kritis peserta didik yang tergolong masih rendah. Dari hasil observasi, peserta didik kurang memperhatikan pendidik saat pembelajaran, peserta didik kurang semangat dalam pembelajaran, dan peserta didik kurang mampu menyelesaikan masalah kontekstual serta dalam berpikir kritis matematis dikarenakan model pembelajaran matematika yang kurang menarik bagi peserta didik. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional yang tidak mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan besar pengaruh pada model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada peserta didik kelas VII MTsN 2 Blitar. Tentunya, untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir kritis matematis, serta meningkatkan pemahaman konsep matematika mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah Posttest-only Control Grup Design. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimen Desaign) dengan memberikan perlakuan terhadap masing-masing kelas. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 2 Blitar sebelas kelas dengan jumlah 358 peserta didik tahun ajaran 2024/2025, dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik Random Sampling, dari hasil Teknik pengambilan sampel tersebut menunjukkan bahwa kelas VII-F (kelas eksperimen) dengan jumlah 32 peserta didik dan kelas VII-D (kelas kontrol) dengan jumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test berbantuan IBM Statistik 25. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada peserta didik kelas VII MTsN 2 Blitar. Dari hasil perhitungan uji hipotesis, yaitu uji t-test didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) yaitu dengan nilai 0,000<0,05 sehingga H_0 di tolak dan H_1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap berpikir kritis matematis peserta didik. Berdasarkan perhitungan diatas menggunakan rumus Cohen’s d nilai effect size didapat sebesar 1,293 dan menurut kriteria pengkategorian Cohen’s d termasuk kategori tinggi. maka telah dibuktikan bahwa model Problem Based Learning memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan berpikir matematis pada peserta didik.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika > Aljabar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204212150 LAILY MUFIDATUZ ZAKIYAH |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 06:26 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 06:26 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
