MOCHAMAD BAHRUL ULUM, 126204212124 and MUNIRI, 196811302006041009 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KUBUS KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (633kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (352kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (203kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Kubus Kelas VII SMP Muallimin Wonodadi” ini ditulis oleh Mochamad Bahrul Ulum, NIM 126204212124, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Artificial Intelligence, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Bangun Ruang Kubus. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang sedang terjadi terutama dalam bidang artificiall intelligence. Dengan demikian pemanfaatan teknologi dan artificiall intelligence harus dimanfaatkan semaksimal mungkin salah satunya dengan membuat media pembelajaran berbasis artificiall intelligence untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui :1).Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis artificial intelligence terhadap motivasi belajar siswa materi bangun ruang kelas VII SMP Muallimin Wonodadi. 2) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis artificial intelligence terhadap hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas VII SMP Muallimin Wonodadi. 3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis artificial intelligence terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas VII SMP Muallimin Wonodadi. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sedangkan metode yang digunakan adalah quasi eksperimen.Penelitian ini dilakukan dengan cara membagi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, peserta didik diberikan materi menggunakan media pembelajaran berbasis Artificial Intelligence. Sedangkan pada kelas kontrol, peserta didik diberikan mater menggunakan media pembelajaran biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis artificial intelligence terhadap motivasi belajar siswa materi bangun ruang kelas VII SMP Muallimin Wonodadi. 2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis artificial intelligence terhadap hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas VII SMP Muallimin Wonodadi. 3) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis artificial intelligence terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas VII SMP Muallimin Wonodadi.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika > Bangun Datar Matematika Pendidikan Matematika > Ruang |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204212124 MOCHAMAD BAHRUL ULUM |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:26 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 02:26 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
