Pengaruh Kemampuan Siswa Dalam Mengidentifikasi dan Menyusun Kalimat Matematika Pada Soal Cerita Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Bandung

Fitriani, Ina Ria (2013) Pengaruh Kemampuan Siswa Dalam Mengidentifikasi dan Menyusun Kalimat Matematika Pada Soal Cerita Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Bandung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INA RIA FITRIANI.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan, Mengidentifikasi, Menyusun kalimat matematika, Hasil belajar. Karakteristik proses pembelajaran yang melibatkan proses mental peserta didik secara maksimal, bukan hanya menuntut peserta didik sekedar mendengar, mencatat, akan tetapi menghendaki aktifitas peserta didik dalam proses berfikir. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika sangat kurang sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang hendak dicapai siswa. Dalam penelitian ini peneliti menghubungkan masalah kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan menyusun kalimat matematika dengan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal cerita materi lingkaran pada kelas VIII di MTs Al Huda Bandung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan menyusun kalimat matematika pada soal cerita materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung?. (2) Bagaimana hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal cerita materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung?. (3) Adakah pengaruh kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan menyusun kalimat matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung?. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas sebagai pengajar. Dan bagi sekolah sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini menggunakan metode tes, interview, observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan mengidentifikasi dan menyusun kalimat matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Al Huda Bandung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode interview, observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus Product Moment dan dilanjutkan rumus Regresi Linier. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara xv kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan menyusun kalimat matematika pada soal cerita materi lingkaran dengan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Al Huda Bandung. Hasil hitung pada taraf signifikansi 5% ternyata nilai rhitung lebih besar dari pada rtabel. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1diterima. Sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan menyusun kalimat matematika pada soal cerita terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Al Huda Bandung pada taraf 5%. Pada uji analisis lanjutan dengan menggunakan uji regresi linier ternyata terdapat pengaruh yang positif dan signifikan yaitu sebesar 10,8%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 07 Jan 2015 03:07
Last Modified: 07 Jan 2015 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item