Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Software Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di Mts Sultan Agung Jabalsari Tulungagung

Muallifin, Mohammad Khoirul (2014) Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Software Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di Mts Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSRAK INDO.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1- 5.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran matematika Realistik, Software geogebra, Hasil belajar . Perkembangan teknologi yang pesat berpengaruh dalam kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Dalam bidang pendidikan matematika, perkembangan teknologi ini memungkinkan untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran matematika dengan bantuan komputer. Ada beberapa materi dalam matematika yang membutuhkan visualisasi, salah satunya pada materi bangun segitiga. Oleh karena itu perlu adanya bantuan progam komputer dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika realistik berbantuan software geogebra merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan pemikirannya sendiri yang di bantu dengan software geogebra dalam penerapannya untuk membantu dalam pemberian pengalaman visualisasi dan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitan inii bertujuan Untuk (1) Mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran matematika realistik berbantuan software geogebra terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung.(2) Mengetahui sebeapa besar pengaruh pembelajaran matematika realistik berbantuan software geogebra terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes hasil belajar dan data dokumentasi. Instrumen divalidasi terlebih dahulu oleh para ahli yaitu unsur dosen dan guru matematika untuk mengetahui validitasnya. Teknik analisa data menggunakan uji-t. Sedangkan uji prasarat meliputi uji normalitas dengan uji kolmogorov-smirnov, uji homogenitas dengan Homogeneity of variance test mengunakan SPSS. Data awal penelitian ini adalah nilai rapor semester 1 yang selanjutnya digunakan untuk uji keseimbangan dengan uji-t. diperoleh bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama (seimbang). Hasil tes hasil belajar siswa tersebut dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi., diperoleh kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan variansinya homogeny. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2,53 > ttabel = 2,021 (taraf 5%) sehingga H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh pembelajaran matematika realistik berbantuan software geogebra terhadap hasil viii belajar siswa kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Dengan d = 0.844 di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s maka Presentase 79%, dan 79% tergolong pengaruh yang besar. Hal ini menunjukkan bahwa Pembelajaran matematika realistik berbantuan software geogebra berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung yaitu sebesar 79%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 07 Jan 2015 03:14
Last Modified: 07 Jan 2015 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item