PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERUSAHAAN KONVEKSI ABA COLLECTION TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ZIA ULKHAK, 2811133185 (2017) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERUSAHAAN KONVEKSI ABA COLLECTION TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perusahaan Konveksi ABA Collection Tulungagung” ini di tulis oleh Muhammad Zia Ulkhak, NIM 2811133185, Pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Latar belakang penelitian: Ajaran agama Islam sudah seharusnya diberikan pada setiap manusia dari berbagai lapisan masyarakat. Ajaran Islam dapat tersosialisasi kepada masyarakat luas dengan malalui pendidikan Islam, sehingga dengan diselenggarakannya pendidikan Islam tersebut masyarakat dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran islam sesuai dengan ketentuan al-Quran dan al-Sunnah. Namun yang terjadi saat ini, perhatian terhadap pendidikan Islam lebih banyak diberikan hanya di lingkungan sekolah saja. Padahal, pendidikan Islam masih sangat memungkinkan apabila diberikan di lingkungan kerja, karena pendidikan Islam tidak hanya memberikan pengetahuan tentang ajaran Islam yang berkaitan dengan ketuhanan, akan tetapi dari segala aspek kehidupan manusia. Sehubungan dengan itu, tingkat kedalaman pemahaman, penghayatan dan pengamalan masyarakat terhadap ajaran islam amat tergantung pada tingkat kuwalitas pendidikan Islam yang diterimanya. Oleh karenanya, pendidikan yang di selenggarakan di luar sekolah juga harus lebih di perhatikan agar tujuan-tujuan pendidikan dapat tercapai. Pada penelitian ini, peneliti menemukan keunikan di perusahaan konveksi ABA Collection terkait pendidikan Islam yang di selenggarakan di lingkungan perusahaan tersebut. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan di daerah Tulungagung yang memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk lebih mendalami ajaran agama Islam melalui pembelajaran pendidikan agama Islam yang terintegrasi dengan segala kebijakan yang dimiliki oleh pihak perusahaan. Dengan demikian pihak perusahaan telah memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Pembelajaran Tahfidz Quran di perusahaan konveksi ABA Collection Tulungagung? (2) Bagaimana Pembelajaran Memahami Kandungan Ayat al-Qur’an di perusahaan konveksi ABA Collection Tulungagung? (3) Bagaimana Pembelajaran Kitab Kuning di perusahaan konveksi ABA Collection Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Bagaimana Pembelajaran Tahfidz Quran di Perusahaan Konveksi ABA Collection Tulungagung (2) Untuk Mengetahui Bagaimana Pembelajaran Memahami Kandungan Ayat al-Qur’an di Perusahaan Konveksi ABA Collection Tulungagung? (3) Untuk Mengetahui Bagaimana Pembelajaran Kitab Kuning di Perusahaan Konveksi ABA Collection Tulungagung Skripsi ini bermanfaat bagi pihak perusahan konveksi ABA Collection Tulungagung, diharapkan penelitian ini bisa menjadi monitoing dan evaluasi terhadap kualitas serta efektifitas kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan. Bagi peneliti adanya penelitian ini dapat menambah wawasan peneliti dalam kegiatan penelitian. Bagi peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Sedangkan bagi masyarakat luas, penelitian ini diharapkan dapat menjadi contoh aplikatif dalam pelaksanaan pembelajaran agama Islam bagi karyawan di lingkungan kerja sehingga dapat diterapkan dan di kembangkan di berbagai bentuk lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti mendapatkan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap penyelesaian Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran tahfidz al-Qur’an di perusahaan konveksi ABA Collection Tulungagung yaitu: (a) Sebelum menghafal al-Qur’an terlebih dahulu harus melalui tahap Iqra’. (b) Dalam menghafal menggunakan metode setoran (talaqqi), tahfidz, takrir, dan simai. (c) Teknik yang di gunakan yaitu menghafalkan surat-surat pendek terlebih dahulu (juz ‘Amma), dilanjutkan surat-surat pilihan, kemudian mulai menghafal juz 1 atau juz 28/29. (d) Dilaksanakannya kegiatan yang dapat menunjang hafalan, yaitu rutinitas seaman atau darusan di masyarakat sekitar perusahaan, dan kegiatan memahami kandungan-kandungan al-Qur’an setiap sepekan sekali. (2) Pembelajaran memahami kandungan ayat al-Qur’an menggunakan media al-Qur’an terjemah, metode yang digunakan adalah metode ceramah, dan tanya jawab. Pelaksanaan: (a) Pendidik dan peserta didik bersama-sama membaca ayat-ayat yang akan dibahas. (b) Pendidik menunjuk beberapa peserta didik untuk membacakan ulang bergilir sekaligus dengan terjemahnya. Apabila ditemukan kesalahan peserta didik dalam membaca pendidik menyuruh mengulanginya sampai benar. (c) Setelah pembacaan ayat-ayat dan terjemahnya, langkah selanjutnya adalah: pendidik memberikan waktu beberapa menit untuk memahami ayat-ayat yang akan mereka bahas. (d) Selanjutnya guru menunjuk beberapa peserta didik untuk menyampaikan apa yang mereka pahami dengan bahasa mereka sendiri. (e) Setelah itu, guru akan menjelaskan kandungan dan pesan-pesan yang ada dalam ayat-ayat yang sedang dibahas. (3) Pembelajaran kitab kuning di perusahaan konveksi ABA Collection pada dasarnya sama dengan pembelajaran yang terselenggara di pondok pesantren pada umumnya, yaitu pada pelaksanaannya menggunakan metode bandongan, di akhir pembelajaran pendidik atau ustadz memberikan peluang kepada peserta didik untuk bertanya, baik yang berkaitan dengan bab-bab yang di bahas maupun diluar pembahasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133185 MUHAMMAD ZIA ULKHAK
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:19
Last Modified: 13 Dec 2017 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item View Item