DEKA LAILATUL ROHMAH, 2817133024 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QAWAID WA TARJAMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS V-A SDI AL – HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (473kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (354kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (790kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (78kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (66kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Qawaid wa Tarjamah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V-A SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Deka Lailatul Rohmah, NIM.2817133024, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak Muhamad Zaini, MA Kata kunci : Qowaid wa Tarjamah, danHasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Bahasa Arab di sekolah dimana guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga peserta didik merasa kurang memahami materi dan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang belum maksimal. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode pembelajaran Qowaid wa Tarjamah untuk meningkatkan hafalan dan hasil belajar Bahasa Arab pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan hafalan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab materi في المكتبة melalui penerapan metode Qowaid wa Tarjamahkelas V-A SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Arab Arab materi في المكتبة melalui penerapan metode Qowaid wa Tarjamah kelas V-ASDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan peningkatan hafalan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab materi في المكتبة melalui penerapan metode Qowaid wa Tarjamah kelas V-A SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung (2) Untuk memaparkan peningkatan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik materi في المكتبة melalui penerapan metode Qowaid wa Tarjamah kelas V-ASDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SDI Al-Hakim Boyolangu sehingga dapat dijadikan sumbangan pemikiran dalam rangka merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang. Bagi guru SDI Al-Hakim untuk mengembangkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan materi bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data,verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75 % dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan metode pembelajaran qawaid wa tarjamah pada mata pelajaran Bahasa Arab dapat meningkatan hafalan peserta didik. Hasil tes hafalan peserta didik menunjukkan peningkatan. Terbukti dari hasil tes hafalan pada siklus I dengan nilai rata-ratanya adalah 71,33 dengan presentase ketuntasan tes hafalan peserta didik dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 66%, sehingga kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup. Selanjutnya pada siklus II seluruh nilai rata-ratanya adalah 79,53 dengan presentase ketuntasan mencapai 86,67%, sehingga kriteria keberhasilan tindakan tergolong sangat baik. (2) Penerapan metode pembelajaran qawaid wa tarjamah pada mata pelajaran Bahasa Arab menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik kelas V-A SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus 1 dan 2. Pada siklus 1 nilai rata-rata kelas 79,9. Peserta didik yang mendapat >70 sebanyak 11 peserta didik (73%) dan <70 sebanyak 4 peserta didik (27%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 90,44, peserta didik yang mendapat >70 sebanyak 16 peserta didik (89,1%). Peserta didik yang mendapat >70 sebanyak 15 peserta didik atau keseluruhan (100%) dan <70 sebanyak 0 peserta didik atau tidak ada (0%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran qawaid wa tarjamah dapat meningkatkan hafalan dan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab peserta didik kelas V-A SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133024 DEKA LAILATUL ROHMAH |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 04:21 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 04:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6907 |
Actions (login required)
View Item |