PENGARUH PENERAPAN TEORI VAN HIELE PADA MATERI SEGIEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

SYAHROTU ROHMAH WATI, 2814133186 (2017) PENGARUH PENERAPAN TEORI VAN HIELE PADA MATERI SEGIEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syahrotu Rohmah Wati, NIM. 2814133186. 2017. Pengaruh Penerapan Teori Van Hiele Pada Materi Segiempat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung, pembimbing: Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: Teori Van Hiele, Hasil Belajar, Segiempat Fenomena kondisi pembelajaran matematika siswa dengan metode konvensional terbilang masih rendah, dimana siswa kurang memahami konsep dan dasar geometri khususnya mengenai materi pokok segiempat. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bisa membuat siswa menjadi lebih aktif serta mampu memahami materi tersebut. Salah satunya adalah model pembelajaran yang berorientasi pada Teori Van Hiele, teori ini mengajarkan bagaimana siswa dapat memahami konsep dan dasar geometri melalui tahapan-tahapan tertentu, dimana tahapan-tahapan tersebut sangat membantu siswa dalam belajar geometri secara mudah. Adapun tahapan-tahapan berpikir Van Hiele, yaitu tahap pengenalan, tahap analisis, tahap deduksi informal, tahap deduksi dan tahap akurasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan Teori Van Hiele terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat kelas VII SMPN 1 Rejotangan Tulungagung semester genap tahun ajaran 2016/2017. 2) Mengetahui besar pengaruh penerapan Teori Van Hiele terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat kelas VII SMPN 1 Rejotangan Tulungagung semester genap tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Rejotangan Tulungagung, dengan teknik random sampling, sampel yang digunakan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh penerapan Teori Van Hiele terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat kelas VII SMPN 1 Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t_hitung=8,719>t_tabel=2,000 pada taraf signifikan 5%, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (82,59375) dan nilai rata-rata kelas kontrol (63,15625). Besar pengaruh diperoleh lebih dari 81,1%, didalam tabel interpretasi nilai Cohen’s d nilai lebih dari 81,1% tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133186 SYAHROTU ROHMAH WATI
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:24
Last Modified: 19 Dec 2017 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6911

Actions (login required)

View Item View Item