Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Media Fantastic Mathematics Triangle Materi Logaritma pada Siswa Kelas X MAN Kunir Tahun Ajaran 2013/2014

Lindaningrum, Tutiono (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Media Fantastic Mathematics Triangle Materi Logaritma pada Siswa Kelas X MAN Kunir Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER TUTIONO LINDANINGRUM (S-3214103143).pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI SKRIPSI BAB I.-5 TUTIONO L.(3214103143).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Model Missouri Mathematics Project (MMP), media Fantastic Matematics Triangle, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh adanya (1) siswa kurang berani mengajukan pertanyaan, (2) siswa masih kesulitan saat mengerjakan soal mengenai logaritma, karena masih ada siswa yang belum mengetahui rumus sifat-sifat logaritma mana yang harus digunakan dalam menjawab soal yang sedang dihadapinya, dan masih banyak yang belum hafal rumus sifat-sifat logaritma, serta pemahaman siswa masih kurang (3) sebagian siswa tidak menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat, karena siswa tidak teliti dalam menghitung penyelesaian logaritma dan kurang hafalnya rumus, (4) prestasi siswa yang mencapai ketuntasan hanya 50 %. Dalam pembelajaran matematika, ada beberapa model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa aktif. Salah satunya adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Melalui media Fantastic Matematics Triangle, siswa dibimbing untuk menemukan sendiri materi yang dipelajarinya dan menghafalkan rumus-rumus yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Logaritma dengan media Fantastic Mathematics Triangle siswa kelas X MAN Kunir Blitar?, 2). Apakah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Logaritma dengan media Fantastic Mathematics Triangle siswa kelas X-C MAN Kunir ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1). Mendiskripsikan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan media Fantastic Mathematics Triangle yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi Logaritma kelas X-C MAN Kunir Blitar, 2). Untuk mengetahui hasil belajar matematika materi Logaritma dengan media Fantastic Mathematics Triangle siswa kelas X-C MAN Kunir Blitar yang diajarkan dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Skripsi ini bermanfaat secara teoritis dan secara praktis. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan terhadap pembelajaran matematika, terutama pada peningkatan hasil belajar matematika siswa. Secara praktis, bagi siswa dapat memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan sebagai bahan masukan bagi siswa untuk memanfaatkan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Bagi Guru sebagai masukan bagi para guru, khususnya guru MAN Kunir untuk bertindak xiv cermat dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Bagi Sekolah sebagai masukan kepada sekolah untuk menghimbau tenaga pendidiknya agar terus berinovasi menggunakan model pembelajaran yang terbaru guna meningkatkan hasil belajar anak didiknya. Bagi peneliti yang akan datang, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian penunjang dan bahan pengembang perancang penelitian dalam meneliti hal-hal yang berkaitan dengan topik diatas. Bagi pembaca sebagai referensi model pembelajaran untuk bahan ajar lainnya sebagai guru, dapat memahami model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan media Fantastic Mathematics Triangle dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika materi Logaritma. Bagi IAIN Tulungagung sebagai bahan masukan bagi mahasiswa calon guru matematika untuk menggunakan model pembelajaran dengan media dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang didesain dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan media Fantastic Mathematics Triangle memberikan banyak kontribusi diantaranya siswa menjadi terlatih untuk menemukan sendiri materi yang dipelajarinya serta menghafal rumus-rumusnya. sehingga siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan siswa terlatih bekerjasama dalam kelompok serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. 2) peningkatan hasil belajar siswa cukup meningkat tiap siklusnya. Hal tersebut dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai hasil belajar siswa. Nilai rata-rata prestasi belajar pada tes akhir siklus I adalah 73,03 yang berada pada kriteria cukup, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 83,47 yang berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 10,44%. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan media Fantastic Mathematics Triangle dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X-C MAN Kunir tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2014 04:12
Last Modified: 08 Oct 2014 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item