PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI SEGIEMPAT SEMESTER 2 KELAS VII SMPN 2 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

DINA AYU SAPUTRI, 2814133043 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI SEGIEMPAT SEMESTER 2 KELAS VII SMPN 2 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (375kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Segiempat Semester 2 Kelas VII SMPN 2 Kedungawaru Tulungagung” ini ditulis oleh oleh Dina Ayu Saputri, NIM 2814133043, dibimbing oleh Sutopo, M. Pd. Kata kunci: Bahan Ajar LKS, Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi belajar mengajar, dimana siswa kurang terlibat aktif, dan motivasi siswa yang kurang dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar yang kurang maksimal. Dalam hal ini, diperlukannya pembelajaran yang inovasi dengan harapan dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga hasil belajar siswa juga meingkat. Oleh karena itu, untuk mendorong siswa lebih aktif maka dibuatlah sebuah produk pengembangan bahan ajar yang berupa LKS dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan produk pengembangan bahan ajar berupa lembar kerja siswa matematika kelas VII semester 2 berbasis masalah ( problem based learning ) menjadi produk yang valid, 2) Mengetahui kevalidan produk pengembangan bahan ajar matematika kelas VII semester 2 berbasis masalah (problem based learning). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Berdasarkan pengembangan LKS yang akan dikembangkan peneliti mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan modifikasi Borg & Gall. Beberapa tahap yang dilakukan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, desain produk, uji coba produk, revisi produk dan terakhir produksi masal. Hasil dari analisis validitas menunjukkan dari ahli bahan ajar diperoleh rata-rata prosentase total sebesar 78,06 % yang berarti bahan ajar dinyatakan valid, menurut ahli problem based learning diperoleh prosentase total 73,58% yang berarti bahan ajar dinyatakan cukup valid sehingga membutuhkan sedikit revisi untuk dapat digunakan, sedangkan menurut ahli materi diperoleh prosentase total 72,65% yang berarti bahan ajar dinyatakan cukup valid sehingga membutuhkan sedikit revisi untuk dapat digunakan. Sedangakan menurut praktisi lapangan rata-rata prosentase sebesar 85,48% yang berarti bahan ajar dinyatakan cukup valid sehingga membutuhkan sedikit revisi untuk dapat digunakan. Berdasarkan hasil analisis data nilai post-test¬ dengan menggunakan uji t-test secara manual dan menggunakan aplikasi SPSS 16.0. adapun hasil secara manual mendapatkan nilai t hitung sebesar 0,407509511 dan dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 66% yang tergolong rendah. Sedangkan uji-t menggunkan SPSS, hasil output SPSS 16.0 menunjukkan taraf signifikansi 0,038 < 0, 05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Hal ini menunjukkan bahwa produk pengembangan berupa LKS dengan menggunakan metode PBL merupakan produk pengembangan yang valid dan terdapat pengaruhnya antara penggunaan produk dengan tidak, terbukti dapat meningkatkan hasil beajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133043 DINA AYU SAPUTRI
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:44
Last Modified: 15 Feb 2018 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item