STRATEGI PEMBELAJARAN KIAI PESANTREN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MANBAU’UL ‘ULUM TUNGGULSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

RIZQI MUBAROK, 2811133228 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN KIAI PESANTREN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MANBAU’UL ‘ULUM TUNGGULSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Kiai Pesantren dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Manbau’ul ‘Ulum Tunggulsari Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Rizqi Mubarok, NIM: 2811133228, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Membentuk akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena banyaknya orang yang berilmu tapi perilaku yang menunjukkan akhlak terpuji di dalam lingkungan pesantren dan umumnya masyarakat luar pesantren itu tidak menunjukkan bahwasannya orang tersebut memiliki ilmu. Berkaitan dengan perintah Alloh Swt pada Nabi Muhhammad Saw untuk mennyempurnkan akhlak manusia agar hubungan antar sesama dan pada penciptanya tejaga dengan baik dan akhirnya bisa sesuai dengan konsep yang diturunkan oleh Alloh Swt. Dihadapakan dengan permasalahan tersebut, terdapat strategi pembelajaran dalam membentuk akhlak santri, melalui pendekatan, metode dan teknik pembelajaran seorang Kiai di Pesantren. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1. Bagaimana Pendekatan Pembelajaran Kiai Pesantren dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Tunggulsari Kedungwaru Tulungagung? 2. Bagaimana Metode Pembelajaran Kiai Pesantren dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Tunggulsari Kedungwaru Tulungagung? 3. Bagaimana Teknik Pembelajaran Kiai Pesantren dalam membetuk akhlak santri di Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Tunggulsari Kedungwaru Tulungagung?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Mengetahui pendekatan pembelajaran kiai pesantren dalam meningkatkan akhlak santri di pondok pesantren manba’ul ‘ulum tunggulsari kedungwaru tulungagung. 2. Mengetahui metode pembelajaran kiai pesantren dalam meningkatkan akhlak santri di pondok pesantren manba’ul ‘ulum tunggulsari kedungwaru tulungagung. 3. Mengetahui teknik pembelajaran kiai pesnatren dalam membetuk akhlak santri di pondok pesantren manba’ul ‘ulum tunggulsari kedungwaru tulungagung. Metode penelitian: Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang Strategi pembelajaran kiai dalam membentuk akhlak santri di Pesantren. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana-prasarana dan dokumentasi Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Tunggulsari. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1. Dalam membentuk akhlak santri di pesantren kiai mempunyai pendekatan, dalam pendekatan untuk membentuk akhlak santri di Pesantren Manba’ul ‘Ulum Tunggulsari Kedungwaru Tulungagung meliputi, menyediakan unit-unit pendidikan seperti : madrasah diniyah, taman pendidikan al quran, pengajian kitab kuning. Memberikan motivasi kepada santri, pengajian kitab pasan, melakukan syawir pembelajaran dan yang terakhir evaluasi pembelajaran. 2. Dalam membentuk akhlak santri di Pesantren Manba’ul ‘Ulum Tunggulsari Kedungwaru Tulungagung tentunya kiai menggunakan metode. Metode yang digunakan meliputi metode ceramah, metode wetonan, bandongan, dan sorogan, pengajaran secara diktator/keras, dengan uswah, selain itu metode pengembangan santri diantaranya : sholawat al berjanji, khitobah, dzibaan, manaqib, tahlilan, roan, dan ziyaroh maqom. 3. Di dalam teknik pembelajaran kiai dalam membentuk akhlak santri di Pesantren Manba’ul ‘Ulum Tulungagung dengan teknik, keadaan lingkungan dan pembentukan akhlak ketika di pesantren, santri menentukan sendiri apa yang akan mereka pelajari, tingkat keilmuan dan kepahaman, santri dibagi menjadi beberapa kelas/tingkatan, adanya seorang pengasuh kiai yang mendukung proses pembelajaran, dan yang terakhir semangat santri dalam menimba ilmu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Penelitian Dosen
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133228 Rizqi Mubarok
Date Deposited: 29 Dec 2017 06:26
Last Modified: 29 Dec 2017 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7067

Actions (login required)

View Item View Item