Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V Di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013/2014

Asiyah, Siti (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V Di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SITI ASIYAH 3217103081.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, Hasil Belajar, PKn. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang menggunaan model, strategi dan media pembelajaran yang kurang menarik mengakibatkan minat belajar siswa menjadi rendah. Selain itu, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa.Pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru. Apabila hal ini dibiarkan secara berkelanjutan akan mengakibatkan tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak akan tercapai secara maksimal.Oleh karena itu peneliti menggunakan strategi pembelajaran atif tipe crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada materi kebebasan berorganisasi. Pembelajaran menggunakan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle ini diharapkan siswa mudah memahami materi yang disampaikan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar?. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar PKn materi kebebasan berorganisasi dengan penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle pada siswa kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Manfaat penelitian ini adalah: (1) Bagi Kepala MIN Kolomayan Wonodadi Blitar, dapat memberikan masukan dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu pengajaran PKn di kelas. (2) Bagi Guru MIN Kolomayan Wonodadi Blitar, memberikan pengalaman cara belajar yang aktif, menyenangkan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan. (3) Siswa MIN Kolomayan Wonodadi Blitar, siswa diharapkan lebih aktif dalam pembelajaran dan mampu memahami materi kebebasan berorganisasi. (4) Peneliti Lain, untuk menambah wawasan, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas profesi sebagai pengajar PKn dan mata pelajaran lainnya. (5) Perpustakaan IAIN Tulungagung, sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa lainnya. xviii Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK).Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan dan setelah tindakan dilakukan.Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan.Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran. Wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle.Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah memahami materi pembelajaran.Selain itu, dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi kebebasan berorganisasi. Pencapaian hasil belajar siswa 81,48 %, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus yang pertama yang hanya sebesar 40,74 % atau meningkat sebesar 40,74 % atau jika dibandingkan dengan sebelum menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle dari 33,33 % menjadi 81,48 % terjadi peningkatan sebesar 48,15 %.Pencapaian pada siklus kedua ini mengalami peningkatan terhadap semua aspek yang diteliti. Pada pertemuan siklus kedua ini terjadi pula pada hasil penilaian dari pembelajaran yang dilaksanakan, dan hasilnya juga sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti.Dapat dinyatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle dalam meningkatan hasil belajar siswa kelas V MIN Kolomayan mengalami peningkatan. Dengan kata lain pengunaan strategi pembelajaran yang sesuai akan membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Jan 2015 04:12
Last Modified: 08 Jan 2015 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item