ISLAMIC EDUCATIONAL SOCIOLOGY (Konsep Dasar dan Pengembangan)

Nur Efendi, 196501201998031002 (2014) ISLAMIC EDUCATIONAL SOCIOLOGY (Konsep Dasar dan Pengembangan). RUMAH MEDIA, Ruko Lokasari, Jalan Nusantara No. A-11 Kalapa Dua Depok. ISBN 978-602-6331-35-9

[img]
Preview
Text
ISLAMIC SOSIOLGI.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Sosiologi pendidikan Islam berasal dari dua kata, sosiologi dan pendidikan Islam. Pada awalnya sosiologi berkembang sesuai dengan obyek dan tujuannya sendiri, demikian pula pendidikan. Dengan adanya perkembangan masyarakat yang begitu cepat segala aspek kehidupan memerlukan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan. Sosiologi tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, demikian pula kalau hanya pendidikan saja. Perkembangan masyarakat yang sangat komplek memerlukan ilmu pengetahuan yang kompleks pula. Salah satunya adalah sosiologi pendidikan Islam. Dalam dunia pendidikan Islam, senantiasa memerlukan ilmu-ilmu lain yang dapat mendukung dan menunjang perkembangan pendidikan Islam, diantaranya sosiologi. Sesuai dengan subjek dan objek pendidikan Islam, yaitu manusia dengan fitrahnya, maka secara langsung pendidikan membahas tentang perilaku manusia, sehingga bisa menjadi manusia yang baik, sebagai makhluk sosial dan makhluk individual. Sebagai mahkluk individual, pendidikan memerlukan ilmu psikologi, tetapi sebagai makhluk sosial, pendidikan memerlukan ilmu sosial.

Item Type: Book
Subjects: Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. 196501201998031002 Nur Efendi
Date Deposited: 15 Jan 2018 05:03
Last Modified: 15 Jan 2018 05:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7142

Actions (login required)

View Item View Item