Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV di MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar Tahun Ajaran 2011-2012

Jeffi Alfian, Firmansyah, (2012) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV di MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar Tahun Ajaran 2011-2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (59kB)
[img] Text
BAB II NEW.doc

Download (203kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV, new.doc

Download (692kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (32kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc 2.doc

Download (118kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata-kata kunci: upaya guru, prestasi belajar, media gambar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar yang anjlok dan belum adanya perubahan yang mendukung dalam proses pembelajaran di kelas sehingga diharapkan adanya peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah perubahan strategi pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga tumbuh minat belajar siswa dan menyukai proses pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini 1) Bagaimana penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPS siswa di kelas IV MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar? 2) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa di Kelas IV MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar? 3) Bagaimana faktor kesulitan belajar IPS siswa di Kelas IV MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar? 4) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Kelas IV MI Manbaut Tholibin Kerjen Srengat Blitar? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Pembahasan hasil penelitian, 1) Pembelajaran dengan penerapan media gambar yang bisa meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi peta adalah pembelajaran dengan tahap-tahap sebagai berikut: a) Tahap awal, diawali dengan mengucapkan salam dilanjutkan dengan do’a, mengulang sedikit tentang peta, dan juga tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu media gambar serta memberikan motivasi-motivasi kepada siswa agar berhasil dalam belajar. b) Tahap inti di mulai dengan menjelaskan materi yaitu mengenai peta. Guru menjelaskan materi tentang kegunaan peta dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan media gambar. Dan siswa dapat Menunjukkan daerah tempat tinggalnya. Menunjukkan tempat ibukota daerah kabupaten/kota dan provinsinya beserta nama daerah ibukota tersebut. c) penutup. Setelah materi disampaikan dan pembelajaran menggunakan media gambar selesai maka peneliti memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal yang ada di LKS untuk dikerjakan dirumah. dilanjutkan guru menutup pelajaran dan doa kemudian salam. 2) Prestasi belajar siswa kelas IV pada materi Peta meningkat setelah penerapan media gambar. Juga terlihat dari hasil tes sebelum tindakan sampai akhir tindakan. Nilai yang diperoleh siswa kemudian di hitung rata-rata kelasnya dan didapatkan hasil sebagai berikut: pada siklus I dan siklus 2, nampak bahwa terjadi peningkatan terhadap prestasi belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 78,68%, meningkat dari sebelum diberi tindakan hanya 75,54%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 91,59%. 3) Faktor-faktor kesulitan belajar siswa yang dialami siswa MI Manbaut Tholibin Kerjen adalah: 1) dikarenakan kesehatan terganggu. 2) dikarenakan faktor rohani yaitu minat dan motivasi belajar berkurang, 3) dikarenakan orang tua yang kurang mendukung prestasi belajar siswa. 4) Upaya guru dalam menghadapi kesulitan belajar siswa MI Manbaut Tholibin Ngunut Tulungagung yaitu: 1) bagi siswa yang mengalami kesehatan terganggu, guru menyarankan untuk aktif berobat ke rumah sakit, 2) guru memotivasi dengan datang ke rumah siswa/siswa itu ke rumah guru, 3) memecahkan permasalahannya dengan memanggil wali siswa ke kantor untuk membicarakan jalan yang terbaik untuk siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Jan 2015 08:34
Last Modified: 08 Jan 2015 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item