Pelaksanaan metode problem solving dalam meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III MIN Kunir Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2010/2011

Sari, Hidayatul Fatma (2012) Pelaksanaan metode problem solving dalam meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III MIN Kunir Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
skripsi sari 1-5.doc

Download (809kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci:Pelaksanaan Metode Problem solving, Pemahaman, IPS Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam sebuah proses belajar pada sekolah, mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran IPS. Kesulitan belajar dapat timbul berbagai faktor. Permasalahan harus ditindak lanjuti secara saksama, untuk memperbaiki keberhasilan belajar siswa secara optimal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah cara pelaksanaan metode probkem solving sehingga pembelajaran bisa menyenangkan, tidak membosankan, dan mudah difahami oleh siswa? 2) Bagaimanakah kendala- kendala dalam pelaksanaan Metode Problem Solving di MI Negeri Kunir Wonodadi Blitar pada mata pelajaran IPS Kelas III? 3) Bagaimanakah hasil yang diperoleh dengan penggunaan metode Problem solving di MI Negeri Kunir Wonodadi Blitar pada mata pelajaran IPS kelas III? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui cara pengguanaan metode Problen Solving yang efektif agar pembelajaran bisa menyenangkan, tidak membosankan dan mudah difahami oleh siswa. 2.Untuk mengetahui kendala- kendala dalam menggunakan metode problem solving di MI Negeri Kunir Wonodadi Blitar pada mata pelajaran IPS kelas III? 3.Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving di MI Negeri Kunir Wonodadi Blitar pada mata pelajaran IPS Kelas III Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian bertempat di MIN Kunir Wonodadi Blitar. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan metode tes, metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan temuan di cek dengan cara ketekunan pengamatan, trianggulasi dan penarikan sejawat melalui diskusi. Sedangkan hasil dari skripsi ini ialah1. Pemahaman siswa terhadap materi sangat baik. Melalui pelaksanaan problem solving, ternyata sangat menunjang siswa dalam memahami materi 2. Dengan menggunakan Problem solving, semakin meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa 3. Melalui pemahaman dengan penggunaan problem solving dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa 4. Siswa merasa senang dengan pembelajaran ini karena selain bisa meningkatkan pemahaman terhadap materi, juga dapat meningkatkan keaktifan, antusias dan perhatian siswa dalam belajar 5. Siswa sangat aktif bekerja mencari sebuah masalah dalam materi pelajaran sesuai problem solving dan sangat jelih dalam mengupayakan pemecahan masalah yang telah ditemukan. Mereka dapat merasakan dengan sesungguhnya bahwa pembelajaran dengan metode problem solving dalam IPS dapat mempertajam cara berfikir mereka menjadi semakin kritis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Jan 2015 08:36
Last Modified: 08 Jan 2015 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item