IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN SISTEM BBA DI BMT SINAR AMANAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG

IRMADITA PUTRI BANGSANI, 1741143173 (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN SISTEM BBA DI BMT SINAR AMANAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi Pemasara Produk Pembiayaan Murabahah Dengan Sistem BBA di BMT Sinar Amanah Boyolangu-Tulungagung” ini ditulis oleh Irmadita Putri Bangsani, NIM 1741143173, pembimbing Binti Nur Asiyah,M.SI. Penelitian ini di latar belakangi upaya dalam mempertahankan eksistensi produk uggulan di tengah banyaknya BMT di Tulungagung. Maka dari itu setiap BMT harus memiliki strategi khusus dalam mempertahankan produknya khususnya produk pembiayaan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan Murabahah dengan sistem BBA di BMT Sinar Amanah Boyolangu-Tulungagung ? (2) Kendala apa saja yang di hadapi BMT Sinar Amanah Boyolangu dalam memasarkan produk pembiayaan Murabahah dengan sistem BBA ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian study kasus, dimana peneliti mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan, lembaga, maupun masyarakat yang diteliti melalui beberapa teknik pengumpulan data. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode Observasi, wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penekiti menggunakan analisys flow model (model Alur), dengan tahap data collection, editing, reduction, display, verifikasi, data konklusi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data penelitian ini dilakukan trigulasi dengan sumber. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa, (1) Implementasi strategi pemasaran produk pembiayaan Murabahah dengan sistem BBA yang dilakukan BMT Sinar Amanah Boyolangu-Tulungagung menggunakan strategi bauran pemasaran 7P. Dalam strategi pemasarannya BMT Sinar Amanah Boyolangu-Tulungagung lebih mengutamakan promosi produk pembiayaan dengan cara menggandeng pendiri UKM-UKM serta silaturahmi kepada anggota. (2) Adapun kendala yang di hadapi BMT Sinar Amanah Boyolangu-Tulungagung dalam memasarkan produk pembiayaan Murabahah dengan sistem BBA adalah Anggota kurang paham mengenai LKS seperti halnya BMT. Kurangnya pemahaman terhadap akad-akad yang ada di LKS. Kurangnya tenaga marketing dalam proses pemasarannya. Promosi melalui media cetak dan elektronik yang dilakukan belum berjalan aktif. Kata kunci : strategi pemasaran, pembiayaan murabahah dengan sistem BBA

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143173 IRMADITA PUTRI BANGSANI
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:59
Last Modified: 23 Apr 2018 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7577

Actions (login required)

View Item View Item