Pemanfaatan Media Audio dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas II MI Plus Mishbahul Huda Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2011/2012

Choirul, Anwar (2012) Pemanfaatan Media Audio dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas II MI Plus Mishbahul Huda Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (118kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV DAN V.doc

Download (346kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (261kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.doc

Download (103kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Media audio, penguasaan vocabulary Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh tingkat penguasaan para peserta didik dalam memahami vocabulary atau kosa kata Bahasa Inggris masih rendah dan menjadikan penghambat seorang peserta didik untuk mencapai keberhasilan mereka dalam pelajaran tersebut. Kenyataan sekarang ini, masih ada sebagian besar yang menganggap bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit (sukar) bahkan ada yang memandangnya sebagai momok. Hal ini erat kaitannya dengan bagaimana seorang guru dalam menyampaikan materi, menggunakan metode atau media yang cocok untuk peserta didik. Salah satu media yang ditawarkan peneliti adalah pemanfaatan media audio, diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami dan vocabulary atau kosa kata Bahasa Inggris, sehingga tercapai tujuan pengajaran. Dalam penelitian ini memiliki dua fokus masalah yaitu: Bagaimana pemanfaatan media audio dalam meningkatkan penguasaan vocabulary,dan bagaimana media audio ini meningkatkan motivasi belajar dan retensi siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas II MI Plus Mishbahul Huda Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2011/2012. Dengan fokus masalah tersebut diharapkan dapat mengarahkan pada tujuan penelitian yaitu: pemanfaatan media audio dalam meningkatkan penguasaan vocabulary, motivasi belajar dan retensi siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas II MI Plus Mishbahul Huda Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada tindakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Dalam PTK ini tahap penelitian terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 kemampuan kosa kata siswa sebelum tindakan rata-rata 66,5 dengan taraf keberhasilan kurang, dan setelah tindakan rata-rata 74,3 dengan taraf keberhasilan baik. Pada siklus 2 rata-rata meningkat menjadi 90 dengan taraf keberhasilan sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio mampu meningkatkan kemampuan vocabulary siswa pada pelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 04:12
Last Modified: 26 Jan 2015 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item