Berpikir Konseptual Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif

Hari Susanto Sutiono, 1724143105 (2018) Berpikir Konseptual Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (997kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sutiono, Hari Susanto. 2018. Berpikir Konseptual Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci : Berpikir Konseptual, Program Linear, Gaya Kognitif, Reflektif dan Impulsif Pembelajaran matematika identik dengan pembelajaran pemecahan masalah. Pemecahan masalah matematika meliputi penyelesaian soal-soal materi matematika, dimana untuk menyelesaikan soal matematika siswa diharuskan memiliki pemahaman yang cukup terhadap konsep materi matematika. Konsep materi yang harus dikuasai oleh siswa bukan sekedar satu materi saja akan tetapi keseluruhan dari konsep yang pernah dipelajarinya. Salah satu materi yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah program linear. Faktanya kebanyakan siswa kelas XI MIA di MA Negeri 2 Blitar (MAN Wlingi) mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal program linear. Siswa kesulitan mengubah soal ke dalam kalimat matematika serta kesulitan menentukan daerah penyelesaian. Penyelesaian masalah program linear erat kaitannya dengan materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Siswa diharuskan memahami dengan baik konsep materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel agar dapat menyelesaikan masalah program linear. Sehingga dalam menyelesaikan masalah program linear dibutuhkan proses berpikir konseptual, yaitu suatu proses berpikir yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal menggunakan konsep yang telah dimiliki. Kemampuan memahami suatu materi matematika berkaitan dengan cara siswa menerima, mengingat serta berpikir atau yang disebut dengan gaya kognitif. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana berpikir konseptual siswa kelas XI dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal program linear? (2) Bagaimana berpikir konseptual siswa kelas XI dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal program linear?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir konseptual siswa kelas XI dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam menyelesaiakan soal program linear. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MA Negeri 2 Blitar (MA Negeri Wlingi) dengan subjek sebanyak 4 siswa (2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif). Data yang diperoleh berupa data hasil tes MFF, hasil tes tulis, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat dilihat dari perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif memahami soal program linear dengan menyebutkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dari soal serta mengubah apa yang diketahui dan yang ditanyakan dalam kalimat matematika, membuat rencana penyelesaian masalah program linear yakni dengan menggunakan metode gambar grafik dan substitusi titik ekstrim daerah penyelesaian ke dalam fungsi objektif, serta mampu memahami langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan konsep yang telah dipelajari, hanya saja ia belum bisa menemukan kesalahan yang dilakukannya ketika mengerjakan soal program linear sehingga belum bisa memperbaiki jawabannya. Siswa dengan gaya kognitif impulsif memahami soal program linear dengan menyebutkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dari soal serta mengubah apa yang diketahui dan yang ditanyakan dalam kalimat matematika, membuat rencana penyelesaian masalah program linear yakni dengan menggunakan metode gambar grafik dan substitusi titik ekstrim daerah penyelesaian ke dalam fungsi objektif, hanya saja ia cenderung belum memahami dengan baik langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan konsep yang telah dipelajari dan belum bisa menemukan kesalahan yang dilakukannya ketika mengerjakan soal program linear sehingga belum bisa memperbaiki jawabannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143105 Hari Susanto Sutiono
Date Deposited: 15 Aug 2018 01:05
Last Modified: 15 Aug 2018 01:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7974

Actions (login required)

View Item View Item