ROSIDA IRMAWATI, 1725143262 (2018) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MIN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (687kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di MIN Rejotangan Tulungagung “ ini ditulis oleh Rosida Irmawati, NIM. 1725143262, Pembimbing Dr. Anin Nurhayati,M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru, Karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembiasaan kegiatan sholat berjamaah di sekolah akan berlaku dengan sesuai tujuan yang diinginkan. Banyak kendala yang dialami pada saat melaksanakan kegiatan tersebut. salah satu kendalanya yaitu kurangnya fasilitas dari sekolah untuk melaksanakan sholat berjamaah diantaranya keterbatasan fasilitas seperti mushola terlalu sempit sedangkan siswa dari kelas tiga, empat, lima dan enam itu jika dijadikan satu sholatnya, maka musholanya tidak cukup dan harus dibagi menjadi dua gelombang. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan sholat berjamaah di MIN Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan sholat berjamaah di MIN Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan sholat berjamaah di MIN Rejotangan Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan sholat berjamaah siswa di MIN Rejotangan Tulungagung Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan tehnik reduksi,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara Uji Kredibilitas berupa Trianggulasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan diskusi hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Perencanaan strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan sholat berjamaah, terdapat peraturan-peraturan dari guru agar siswa itu tidak melanggar pada saat melaksanakan sholat berjamaah dan membiasakan bahwa sholat berjamaah itu tidak harus didampingi oleh Bapak/Ibu guru. (2) pelaksanaan strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan sholat berjamaah, guru selalu memberi contoh agar siswa tersebut melaksanakan sholat tanpa ada paksaan dari siapapun. (3) evaluasi strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan sholat berjamaah, respon siswa sangat baik dan karakter tersebut sudah dilakukan dengan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143262 ROSIDA IRMAWATI |
Date Deposited: | 31 Jul 2018 02:24 |
Last Modified: | 31 Jul 2018 02:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8047 |
Actions (login required)
View Item |