STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LENI NURHAFIDAH, 1725143154 (2018) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlaq Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Leni Nurhafidah, NIM. 1725143154, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Abd Aziz, M. Pd. I Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Karakter. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi adanya keprihatinan terhadap terjadinya degradasi karakter bangsa. Bangsa Indonesia yang terkenal dengan bangsa yang memangku budaya ketimuran, kini generasi mudanya lebih condong kepada budaya barat. Bahkan sekarang muncul berbagai penyimpangan, salah satunya merebaknya penyimpangan terhadap anak yang melibatkan berbagai orang dan lembaga. Untuk memperbaiki hal itu, dapat dilakukan melalui proses pendidikan yang diformulasikan dalam pendidikan karakter. Guru merupakan faktor yang besar perannya dalam keberhasilan pendidikan. Dengan strategi pembelajaran yang tepat, diharapkan pendidikan karakter dapat berhasil secara maksimal. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, lokasinya di MI Bendiljati Wetan, sumberdatanya data primer dan skunder, teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di MI Bendiljati Wetan Tulungagung penulis menyimpulkan bahwa: (1) Strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik dengan strategi inquiry dengan kegiatan keagamaan yaitu mengucapkan salam, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, melaksanakan shalat dhuha dan dzuhur berjama’ah, mengikuti kegiatan tilawil qur’an, merayakan hari besar keagamaan dan strategi kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di dalam kelas. (2) Strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin peserta didik penanaman dan pembentukan disiplin sejak dini dilandasi oleh kenyataan bahwa disiplin memiliki peranan yang sangat penting. Strategi yang digunakan yaitu strategi inquiry dengan membudayakan nilai-nilai disiplin di lembaga pendidikan dapat dilakukan dengan membudayakan perilaku disiplin yaitu membiasakan hadir tepat waktu, membiasakan mematuhi tata peraturan, menggunakan pakaian sesuai dengan ketentuan, membiasakan disiplin dalam menjalankan ibadah, menegakkan prinsip dengan memberikan punishment bagi yang melanggar dan reward bagi yang berprestasi. (3) Strategi guru akidah akhlak xv dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik dengan menggunakan strategi inquiry denagan pembiasaan sikap, dan pembudayaan yang dilakukan dilingkungan sekolah. Dan juga strategi kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan kegiatan tanggung jawab disekolah diantaranya mengerjakan tugas dengan baik, melakukan piket, mengerjakan tugas kelompok, bertanggung jawab atas semua peruatan, dapat dipercaya merupakan salah satu kegiatan dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143154 LENI NURHAFIDAH
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:37
Last Modified: 02 Jul 2018 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8155

Actions (login required)

View Item View Item